Kasus COVID-19 di 10 Rumah, Satu RT di Kaliurang Timur Di-Lockdown

Seluruh warga Padukuhan Kaliurang Timur di-tracing

Sleman, IDN Times - Seluruh warga yang ada di Padukuhan Kaliurang Timur menjadi sasaran tracing Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyusul ditemukannya kasus COVID-19 di beberapa rumah yang ada di RT 04, Padukuhan Kaliurang Timur, Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Sleman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo menjelaskan, hingga saat ini terdapat delapan rumah dengan kasus aktif COVID-19 yang ada di RT 04.

"Tracing sudah seluruh warga, tidak hanya RT di situ, tapi seluruh Padukuhan Kaliurang Timur sudah kita lakukan," ungkapnya pada Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Baru 400 Pekerja Hotel dan Resto di Sleman yang Diajukan Vaksinasi

1. Awal mula kasus COVID-19 ditemukan di 10 rumah

Kasus COVID-19 di 10 Rumah, Satu RT di Kaliurang Timur Di-LockdownIlustrasi. Petugas medis yang tangani pasien COVID-19 harus mengenakan alat pelindung diri atau APD (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Saat ini, RT 04 Kaliurang Timur sudah ditetapkan menjadi zona oranye. Menurut Joko, awalnya terdapat 10 rumah yang ditemukan kasus COVID-19, namun saat ini tinggal delapan rumah lantaran dua rumah kasus COVID-19 sudah tidak aktif.

"Dari hasil tracing kita ada 8 rumah dulu ada 10 rumah, tapi yang dua sudah sembuh. Kemudian yang masih aktif ada delapan, sampai sekarang belum ada penambahan lagi. Sampai sekarang masih oranye dan masih nunggu selesainya isolasi," katanya.

2. Fasilitas umum di RT 04 ditutup

Kasus COVID-19 di 10 Rumah, Satu RT di Kaliurang Timur Di-LockdownIlustrasi lockdown (IDN Times/Arief Rahmat)

Sesuai dengan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri sebelumnya, fasilitas umum yang ada di RT 04 ditutup sementara hingga zona yang ada di RT yang bersangkutan berubah menjadi oranye. Joko menjelaskan, untuk penutupan fasilitas umum ini sudah dimulai sejak seminggu yang lalu.

"Sekolah dan tempat ibadah ditutup, tempat bermain juga. sesuai instruksi dari Kementerian Dalam Negeri. Penutupan sejak seminggu yang lalu, tanggal 1 maret kemarin, lockdown RT," terangnya.

3. Zona merah di Sleman kembali terdeteksi

Kasus COVID-19 di 10 Rumah, Satu RT di Kaliurang Timur Di-LockdownKepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Joko, dengan adanya kasus positif COVID-19 di Kaliurang Timur, terjadi perubahan peta epidemiologi di Sleman. RT yang masuk zona oranye saat ini ada satu RT, zona kuning sebanyak 472 RT dan zona hijau ada 7073 RT.

"Peta epidemiologi tingkat kapanewon yang sebelumnya sama sekali tak ada zona merah, sejak 5 Maret 2021, ada tiga zona merah. Yaitu Kapanewon Seyegan, Pakem, Ngemplak," kata dia.

Baca Juga: Sleman Terbebas dari Zona Merah COVID-19, Zona Kuning Mendominasi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya