Kantor Imigrasi Yogyakarta Kebut Sarana dan Prasarana di YIA

YIA dijadwalkan beroperasi penuh pada April 2020

Sleman, IDN Times - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) direncanakan akan beroperasi pada April 2020 mendatang. Berkaitan dengan hal tersebut, Kantor Imigrasi Yogyakarta berencana memindahkan pelayanan keimigrasian berupa pengawasan dan pemeriksaan keimigrasian terhadap lalu lintas orang masuk dan keluar wilayah Indonesia ke Bandara YIA.

Indro Purwoko, Kepala Kanwil Kemenkumham DIY menjelaskan, Kantor Imigrasi Yogyakarta saat ini sedang mengebut persiapan sarana dan prasarana pendukung.

Baca Juga: Virus Corona Marak, Kantor Imigrasi Yogyakarta Maksimalkan Koordinasi

1. Perlu SDM tambahan

Kantor Imigrasi Yogyakarta Kebut Sarana dan Prasarana di YIAKantor Imigrasi Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Indro mengatakan, untuk sumber daya manusia (SDM) di Kantor Imigrasi Yogyakarta saat ini masih sangat minim, untuk itu pihaknya membutuhkan tambahan SDM setidaknya sebanyak 40 orang untuk ditempatkan di YIA.

"Perlu SDM tambahan. Sudah kita usulkan ke pusat. Penambahan ada beberapa, di bandara kalau hitung ada 10 konter kalau dibagi 4 shift minimal 40. Harapan kami sebelum operasi YIA sudah ada SDM," katanya pada Senin (27/1).

2. Diperkirakan 1 juta wisman kunjungi Indonesia di 2020

Kantor Imigrasi Yogyakarta Kebut Sarana dan Prasarana di YIAJumpa Pers di Kantor Imigrasi Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Indro, diperkirakan pada 2020 ini, kunjungan wisman ke Indonesia diperkirakan mencapai 1 juta orang. Untuk itu penambahan jumlah perangkat, jaringan, sarana prasarana dan petugas perlu dilakukan dengan cepat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan menangani potensi ancaman dan gangguan keamanan yang dimungkinkan terjadi.

"Untuk antisipasi penambahan wisman, kita juga sudah lakukan kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kita bentuk Unit Kerja Kantor Imigrasi (UKK) UGM yang akan memberikan pelayanan berupa pemberian dokumen keimigrasian dan pengawasan terhadap orang asing," katanya.

3. Akan bangun Kantor Imigrasi di wilayah Sleman

Kantor Imigrasi Yogyakarta Kebut Sarana dan Prasarana di YIAJumpa Pers di Kantor Imigrasi Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Indro menjelaskan, selain Kantor Imigrasi di YIA, pihaknya juga berencana untuk membangun Kantor Imigrasi yang lebih luas di wilayah Sleman. Hal ini dilakukan mengingat penduduk di DIY yang mencapai 3,8 juta.

"Penduduk di DIY hampir 3,8 juta, tapi pelayanan imigrasi hanya satu. Kami berharap bisa membangun kantor yang lebih luas. Untuk wilayahnya nanti diharapkan di Sleman, yang memiliki jumlah penduduk 2/3 dari penduduk yang ada di DIY," ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara YIA 28 Maret 2020

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya