Kantongi Izin, Candi Ratu Boko Segera Diuji Coba Pembukaan

Baru Ratu Boko yang mendapatkan izin uji coba

Sleman, IDN Times - Wisata Candi Ratu Boko yang berada di Kabupaten Sleman akan segera dilakukan uji coba pembukaan, menyusul telah turunnya izin dari pemerintah pusat.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengungkapkan, keputusan uji coba tersebut disampaikan langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam rapat koordinasi evaluasi PPKM Jawa-Bali yang digelar Selasa (7/9) malam.

Baca Juga: Sleman Siapkan Uji Coba Operasional 25 Destinasi Wisata

1. Baru Candi Ratu Boko yang akan diujicoba

Kantongi Izin, Candi Ratu Boko Segera Diuji Coba PembukaanBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Dok: istimewa

Kustini mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah mengirimkan surat permohonan untuk melakukan uji coba pembukaan 21 destinasi wisata di Sleman. Namun, saat ini baru Candi Ratu Boko yang ditunjuk untuk bisa dilakukan uji coba.

"Kita juga kirimkan surat permohonan 21 wisata untuk diuji coba. Tapi baru Candi Boko (yang ditunjuk). Ya tidak apa-apa, yang terpenting ada kelonggaran yang tentunya jika ini sukses, tempat wisata lain juga akan bisa dibuka,” ungkapnya pada Rabu (8/9/2021).

2. Sudah siapkan skenario

Kantongi Izin, Candi Ratu Boko Segera Diuji Coba PembukaanCandi Ratu Boko (pixabay.com/Indah Nurul Wardani)

Menurut Kustini, sebelum izin uji coba ini keluar, pihaknya juga telah menyiapkan skenario pembukaan destinasi wisata di Sleman. Selain itu, Candi Ratu Boko telah mengantongi sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf. Selanjutnya Pemkab Sleman melalui Dinas Pariwisata akan menyiapkan ketentuan tambahan dalam uji coba.

“Dari minggu-minggu kemarin skenario sudah disiapkan. Untuk implementasi prokes nanti akan diatur sedemikian rupa agar tidak ada kerumunan. Termasuk penggunaan aplikasi peduli lindungi untuk pegawai dan pengunjung akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait,” katanya.

3. Pelaku wisata yang lain diminta untuk bersabar

Kantongi Izin, Candi Ratu Boko Segera Diuji Coba PembukaanKawasan wisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Kustini meminta agar destinasi wisata lain yang masih ditutup untuk sedikit bersabar. Pasalnya jika uji coba ini sukses dan level PPKM di minggu depan bisa turun, akan semakin banyak destinasi wisata yang diperbolehkan untuk buka.

“Jika ini sukses dan level kita bisa turun ke level 2, wisata lain akan bisa dibuka. Jadi hasil baik pada minggu ini harus bisa ditingkatkan lagi seperti patuh prokes agar meminimalisir penyebaran virus. Agar minggu depan level kita bisa turun ke level 2,” paparnya.

Baca Juga: Peserta Vaksinasi Dosis 2 Ditolak Puskesmas, Ini Kata Dinkes Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya