Kampus di DIY Mulai Ancang-ancang Kuliah Tatap Muka 

UPN akan terapkan blended learning

Sleman, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperbolehkan kampus mengadakan kuliah tatap muka mulai Juli 2021 mendatang. Kasubag Kerja sama dan Humas Universitas Pembagunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY), Marcus Kusnardijanto menjelaskan persiapan yang dilakukan adalah ketentuan pembelajaran dan aturan saat kuliah offline.

1. UPN akan terapkan blended learning

Kampus di DIY Mulai Ancang-ancang Kuliah Tatap Muka Ilustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Marcus mengungkapkan saat kuliah tatap muka dimulai, pihaknya akan menerapkan sistem blended learning.  "Untuk UPN tahun ajaran 2021 akan dilakukan secara luring dan daring tetapi tetap menerapkan prokes," katanya.

Sistem ini tidak harus menunggu semua dosen maupun tenaga kependidikan selesai divaksinasi. Menurutnya, apabila sudah dalam jadwal, maka sistem blended learning ini akan tetap dijalankan, namun sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: Sempat Turun, Angka Kasus Positif COVID-19 di Sleman Naik Lagi

2. UNY menunggu lampu hijau

Kampus di DIY Mulai Ancang-ancang Kuliah Tatap Muka uny.ac.id

Kepala Biro Akademik  UNY Budi Takarina menyampaikan pihaknya masih menunggu lampu hijau pembukaan kuliah tatap muka. 

"Untuk perkuliahan offline mengikuti kebijakan Mendikbud dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kalau sekolah akan mulai Juli 2021, UNY bisa saja baru mulai semester gasal 2021/2022 pada bulan September 2021, tapi tentu saja seizin Gubernur DIY," katanya.

3. UII masih pertimbangan untuk kuliah offline

Kampus di DIY Mulai Ancang-ancang Kuliah Tatap Muka uii.ac.id

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat UII Ratna Permata Sari menyampaikan sampai saat ini Universitas Islam Indonesia masih menerapkan perkuliahan online. Untuk semester genap mendatang, UII masih mempertimbangkan kembali kebijakan pemerintah terkait kuliah tatap muka.

"Setelah ada kebijakan dari pemerintah, UII akan mempertimbangkan lagi dan mengeluarkan Surat Edaran Rektor seperti semester sebelumnya. Kuliah offline secara terbatas hanya dilakukan untuk mahasiswa yang sedang praktikum di laboratorium," paparnya.

Baca Juga: Besok Lawan Madura United, PSS Sleman Beri Kesempatan Pemain Muda

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya