Comscore Tracker

Jenazah Pasien COVID Jauh Berkurang, Tim Pemakaman Sleman Tetap Siaga

Saat kasus naik, dalam sebulan tim makamkan 1.200 jenazah  

Sleman, IDN Times - Jumlah kasus COVID-19 yang terus berkurang, berpengaruh terhadap proses pemakaman dengan protokol COVID-19 di Kabupaten Sleman Koordinator Posko Dekontaminasi COVID-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Vincentius Lilik Resmiyanto mengungkapkan, saat ini kondisi pemakaman dengan protokol COVID-19 di Sleman jauh berkurang dibanding pada Juli 2021. 

1. Di Bulan September makamkan 17 jenazah

Jenazah Pasien COVID Jauh Berkurang, Tim Pemakaman Sleman Tetap Siagailustrasi proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU. (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Lilik mengungkapkan, pada Bulan Juli 2021 lalu, tim pemakaman COVID-19 Sleman mendapatkan panggilan untuk memakamkan sebanyak 1.200 pemakaman dengan protokol COVID-19. Di Bulan September, jumlah tersebut jauh berkurang. Total hanya dilakukan 17 pemakaman. Sedangkan Bulan Oktober hanya dilakukan satu kali. 

"Sekarang juga sudah landai, rumah sakit juga sudah banyak yang kosong untuk pasien COVID-19. Paling sehari dua, kadang satu, kadang tidak ada pemakaman. Sudah turun drastis," ungkapnya pada Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: Lansia Sakit dan Kesepian Dominasi Kasus Bunuh Diri di Gunungkidul 

2. Sempat makamkan 70 jenazah dalam sehari

Jenazah Pasien COVID Jauh Berkurang, Tim Pemakaman Sleman Tetap SiagaTim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Lilik mengungkapkan dalam sehari tim pernah memakamkan hingga 70 jenazah dengan protokol COVID-19. Bahkan, untuk mengakomodir semua panggilan pemakaman, dalam satu mobil membawa dua peti jenazah sekaligus.

"Kita terbanyak ada 70 pemakaman dalam satu hari. Tapi kan tidak mungkin, kemudian ada tim satgas dari desa membantu. Kadang kita hanya ambil dari rumah sakit, terus yang memakamkan tim dari desa," terangnya.

3. Kasus turun, tim tetap siaga

Jenazah Pasien COVID Jauh Berkurang, Tim Pemakaman Sleman Tetap SiagaIlustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Meskipun pemakaman dengan protokol COVID-19 sudah jauh berkurang, tim pemakaman tidak mengurangi dan membubarkan anggotanya. Bahkan hingga saat ini sebanyak tujuh regu pemakaman tetap siap on call.

"Tim tetap, masih ada tujuh regu, belum kita bubarkan. Biarpun kemarin pada Bulan Oktober ada satu. Ambulans juga tetap disiagakan," ujar Lilik. 

Meskipun kasus pemakaman dengan COVID-19 sudah jauh berkurang, Lilik berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Mengingat saat ini sebagian destinasi wisata mulai dibuka.

"Harapannya meskipun sudah landai masyarakat tetap taat protokol kesehatan, jangan sampai lengah. Tetap kita hindari kerumunan," katanya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya