Comscore Tracker

Jelang Pilkada, Disdukcapil Sleman Maksimalkan Posko Rekam E-KTP

Posko rekam E-KTP tersebar di 17 Kapanewon

Sleman, IDN Times - Untuk mengakomodasi pemilih pemula agar dapat berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman akan memaksimalkan posko perekaman E-KTP bagi penduduk yang berusia 17 tahun.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat menjelaskan posko E-KTP sendiri berada di 17 Kapanewon di wilayah Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Bawaslu Sleman Ingatkan Paslon Berhati-hati Kampanye di Media Sosial  

1. Disdukcapil juga akan jemput bola

Jelang Pilkada, Disdukcapil Sleman Maksimalkan Posko Rekam E-KTPPetugas Dispendukcapil melayani warga yang melakukan perekaman e-KTP. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Jazim mengatakan, keberadaan posko- posko di 17 kapanewon sendiri bertujuan untuk mempercepat perekaman E-KTP. Utamanya bagi mereka yang sudah berusia 17 tahun pada 9 Desember mendatang.

Bukan hanya posko, Jazim mengatakan jika pihaknya juga akan melakukan sistem jemput bola untuk menyasar usia 17 tahun.

"Tujuannya agar masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP dapat dilayani," katanya pada Selasa (6/10/2020).

2. Data kependudukan di Sleman sangat dinamis

Jelang Pilkada, Disdukcapil Sleman Maksimalkan Posko Rekam E-KTPIDN Times/Aan Pranata

Jazim menjelaskan, data kependudukan di Kabupaten Sleman sendiri sangatlah dinamis. Hal tersebut pulalah yang membuat data antara Daftar Pemilih yang dimiliki KPU Sleman dan Bawaslu Sleman kadang berbeda. Meski demikian, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan KPU Sleman maupun Bawaslu Sleman.

"Hal ini yang biasa membuat sinkronisasi data dari Bawaslu dan KPU berbeda, karena data yang disandingkan biasanya berbeda hari. Karena di Sleman data sangatlah dinamis," ungkapnya.

3. Blanko aman hingga Desember

Jelang Pilkada, Disdukcapil Sleman Maksimalkan Posko Rekam E-KTPIlustrasi KTP Elektronik atau E-KTP (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jazim memastikan, hingga Bulan Desember mendatang, blanko E-KTP di Kabupaten Sleman sendiri aman. Dia mengungkapkan, sampai 30 September lalu, ketersediaan blanko mencapai 9.204 keping. Kalaupun nanti blanko mengalami kekurangan, maka bisa langsung diajukan ke pusat dengan mudah.

"Mengajukan blanko hari ini, bisa langsung dapat. Karena itu sudah jadi komitmen bersama, agar perekaman tetap lancar," paparnya.

Baca Juga: Siap-siap, Bawaslu Sleman Bakal Rekrut 2.124 Pengawas TPS 

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya