Comscore Tracker

Ini Protokol Penggunaan Laboratorium di UGM Jelang New Normal

Wajib dipatuhi mahasiswa

Sleman, IDN Times - Menjelang new normal, sejumlah laboratorium yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) bersiap untuk menerima kembali mahasiswa, khususnya tingkat akhir yang akan melanjutkan risetnya. Terkait hal tersebut, ada beberapa protokol yang wajib ditaati oleh mahasiswa yang akan kembali beraktivitas di laboratorium.

Seperti halnya laboratorium di Fakultas Teknik Pertanian (FTP) dan Laboratorium Biokimia Fakultas Biologi UGM yang telah menyiapkan sejumlah kebijakan, menindaklanjuti surat edaran rektor tentang menuju tatanan normal baru di UGM.

Baca Juga: UGM Wajibkan Mahasiswa dan Dosen Tes Kesehatan saat Kuliah Tatap Muka 

1. Di FTP, utamakan mahasiswa tingkat akhir

Ini Protokol Penggunaan Laboratorium di UGM Jelang New Normal(ugm.ac.id)

Dosen sekaligus pengurus Laboratorium Energi dan Mesin Pertanian Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTB) FTP UGM, Prima Andri Nugroho menjelaskan, saat ini sejumlah laboratorium yang ada di FTP mulai melakukan persiapan untuk menerima kembali mahasiswa melakukan praktikum di kampus. Masing-masing departemen mulai mengatur, mengondisikan, serta menyusun jadwal kegiatan penelitian dan praktikum sesuai panduan universitas.

Dia menjelaskan, untuk kegiatan praktikum di laboratorium akan dimulai pada minggu ini. Meski demikian, penggunaan laboratorium masih diprioritaskan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya karena sudah tertunda pengambilan datanya hampir 3 bulan.

Prima mengatakan, sebelum melakukan riset di laboratorium, mahasiswa harus memastikan suhu badan pada kondisi normal sebelum memulai penelitian. Jika mengalami demam atau gejala sakit lainnya, mahasiswa dilarang melakukan kegiatan penelitian.

"Mahasiswa diwajibkan memakai alat pengaman diri berupa masker, face shield, sarung tangan yang disediakan oleh departemen dan membawa sendiri topi/penutup kepala/hair net selama penelitian. Mahasiswa juga diharap membersihkan tangan dengan menggunakan sabun/hand sanitizer sebelum memulai penelitian dan mengulanginya secara periodik," ungkapnya pada Selasa (9/6).

2. Ada pembatasan jumlah mahasiswa

Ini Protokol Penggunaan Laboratorium di UGM Jelang New NormalIDN Times/Daruwaskita

Prima mengatakan, untuk menjaga keamanan mahasiswa selama melakukan penelitian di laboratorium, pihaknya menetapkan aturan physical distancing dengan membatasi jumlah mahasiswa sesuai dengan kapasitas laboratorium. Selain itu, disinfeksi pada meja dan alat-alat penelitian juga akan dilakukan secara berkala.

Menurut Prima, bagi mahasiswa yang akan melakukan kegiatan penelitian lapangan, juga diharapkan mempersiapkan dan membawa dokumen yang dibutuhkan, di antaranya surat sehat dan surat tugas.

"Ketika sudah di lapangan, mahasiswa juga diwajibkan untuk ikuti prosedur protokol kesehatan yang ditetapkan oleh wilayah di mana lokasi penelitian dilaksanakan. Mahasiswa dilarang mengumpulkan massa lebih dari 10 orang selama proses penelitian di lapangan," terangnya.

3. Laboratorium Biokimia telah menyiapkan beberapa wastafel portabel

Ini Protokol Penggunaan Laboratorium di UGM Jelang New Normalugm.ac.id

Sementara itu, di Laboratorium Biokimia Fakultas Biologi UGM juga telah mempersiapkan beberapa protokol dan kebijakan khusus menyambut mahasiswa yang akan melanjutkan riset saat new normal. Koordinator Laboratorium Biokimia Fakultas Biologi UGM Lisna Hidayati menyebutkan saat ini pihaknya telah menyediakan wastafel portabel di beberapa titik.

Selain itu, pengecekan suhu tubuh sebelum masuk laboratorium, mewajibkan mahasiswa memakai APD juga diterapkan di Labolatorium Biokimia.

"Mahasiswa wajib pakai sarung tangan (gloves) meski tidak bekerja secara molekuler, masker,  jas laboratorium, dan face shield seperti di Laboratorium Biokimia. APD seperti sarung tangan dan masker telah disediakan oleh laboratorium. Demikian pula dengan hand sanitizer," jelasnya.

Dia menjelaskan, jumlah mahasiswa di Laboratorium Biokimia juga telah dibatasi. Dalam sehari hanya boleh 4 mahasiswa saja yang melakukan riset di laboratorium.

Baca Juga: Mahasiswa Baru UGM Masih Akan Jalani Perkuliahan secara Daring

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya