Hujan Semalaman Akibatkan Tebing Longsor dan Pohon Tumbang di Sleman

Sejumlah rumah rusak dan jaringan listrik terganggu

Sleman, IDN Times - Hujan deras yang terjadi pada Rabu (4/3) malam hingga Kamis (5/3) pagi menyebabkan pohon tumbang dan longsor di beberapa titik di Kabupaten Sleman.

Makwan, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman mengungkapkan, kejadian pohon tumbang yang terjadi menyebabkan beberapa rumah dan jaringan listrik mengalami kerusakan.

Baca Juga: Hujan Deras di Sleman, Sebabkan Dua  Mobil Hanyut

1. Beberapa rumah rusak

Hujan Semalaman Akibatkan Tebing Longsor dan Pohon Tumbang di Sleman(Ilustrasi)Insiden pohon tumbang akibat angin kencang. Dok. BPBD Sleman

Makwan menjelaskan, ada beberapa kejadian pohon tumbang yang menyebabkan rumah warga mengalami kerusakan, di antaranya di Sambi, Pakembinangun, Pakem, di Wonorejo, Hargobinangun, Pakem serta di Japanan, Margodadi, Seyegan.

"Di Sambi 2 pohon tumbang menimpa teras rumah Bapak Seto, menyebabkan kerusakan ringan. Di Wonorejo2 pohon tumbang menimpa rumah bapak Ibrahim dan di Japanan 1 pohon tumbang menimpa rumah bapak Binianto menyebabkan kerusakan ringan," ungkapnya melalui siaran pers pada Kamis (5/3).

2. Pohon tumbang timpa jaringan listrik dan kandang

Hujan Semalaman Akibatkan Tebing Longsor dan Pohon Tumbang di SlemanIlustrasi BPBD Sleman

Menurut Makwan, selain menyebabkan rumah rusak, di titik yang lain, pohon tumbang juga menyebabkan beberapa jaringan listrik mengalami kerusakan. Titik tersebut di antaranya di Gondang, Banyurejo Tempel, di Boyong, Hargobinangun, di Singlar, Glagaharjo, Cangkringan, serta di Tanen, Hargobinangun, Pakem.

"Pohon tumbang juga menyebabkan atap asbes Masjid Al Kautsar PKU Muhammadiyah Pakem rusak ringan dan di Gatak, Selomartani Kalasan, pohon jati roboh menimpa rumah dan kandang sapi," ungkapnya.

3. Hujan deras sebabkan tebing longsor

Hujan Semalaman Akibatkan Tebing Longsor dan Pohon Tumbang di SlemanTalut ambrol di Perumahan Jombor Baru. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Prawoto, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Bandung Bondowoso menyebutkan hujan deras turut menyebabkan tebing yang ada di Punthuk RT 01/05 Gayam, Gayamharjo Prambanan longsor. Dia menyebutkan, tebing longsor tersebut menimpa rumah satu orang warga. Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

"Tadi pagi jam 5.30 WIB terdengar suara sesuatu yang mengenai tembok rumah. Setelah dilihat keluar ternyata tanah longsor menimpa tembok rumah milik Ibu Pariyem," terangnya.

Baca Juga: Talut di Jembatan Jarakan Bantul Ambrol, Rumah Warga Terancam Longsor

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya