Hindari Kerumunan, Pengumuman Kelulusan SMA/SMK di DIY Secara Online

Pengumuman kelulusan dilakukan tanggal 2 Mei 2020

Sleman, IDN Times -Pengumuman kelulusan SMA/SMK di DIY akan dilakukan secara online. Kebijakan ini ditempuh untuk menghindari kerumunan sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

Kepala Balai Dikmen Sleman Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) DIY Priyo Santoso menjelaskan jika nantinya pengumuman SMA/SMK akan dilakukan secara online.

Baca Juga: Kisah Siswa di Yogyakarta Ikuti KBM Daring di Tengah Keterbatasan

1. Diajukan 4 hari dari jadwal awal

Hindari Kerumunan, Pengumuman Kelulusan SMA/SMK di DIY Secara OnlineANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Menurut Priyo, awalnya pengumuman kelulusan SMA/SMK pada 6 Mei 2020, dengan dengan adanya SE tersebut, pengumuman diajukan ke tanggal 2 Mei 2020.

“Pengumuman kelulusan SMA/SMK diajukan 4 hari dari jadwal sebelumnya. Rencananya besok Sabtu (2/5), kelulusan SMA/SMK diumumkan,” katanya pada Rabu (29/4)

2. Diumumkan lewat website masing-masing sekolah

Hindari Kerumunan, Pengumuman Kelulusan SMA/SMK di DIY Secara OnlineUnsplash/christinhumephoto

Priyo menjelaskan, untuk pengumuman nantinya akan dilakukan melalui website masing-masing sekolah. Dia menjelaskan, pengumuman secara online ditujukan untuk menghindari kerumunan serta diharapkan bisa meminimalisir penyebaran COVID-19.

“Para siswa maupun orang tua siswa tak perlu datang ke sekolah untuk mengetahui kelulusan anaknya. Namun cukup melihat secara online melalui HP atau laptop,” terangnya 

3. Sekolah sudah lakukan sejumlah persiapan

Hindari Kerumunan, Pengumuman Kelulusan SMA/SMK di DIY Secara OnlineSiswa SMK saat mengikuti UNBK di hari pertama (IDN Times/Saifullah)

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMAN 1 Depok Eko Yuliyanto menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk mengumumkan kelulusan siswa secara online. Ada beberapa kriteria yang dijadikan pertimbangan lulus tidaknya siswa yang bersangkutan. Kriteria tersebut meliputi pertimbangan nilai rapor dan rencana rapat pleno kelulusan.

"Rapat pleno kelulusan yang diikuti oleh seluruh guru dan dipimpin oleh Kepala Sekolah akan dilaksanakan secara online hari Kamis pagi. Direncanakan melalui media youtube dan WhatsApp," paparnya.

Eko menambahkan jika nantinya sekolah tidak akan menyelenggarakan acara seremonial kelulusan seperti wisuda ataupun perpisahan yang menghadirkan orang banyak untuk menghindari penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Saat Jatuh Cinta Pemilik 5 Zodiak Ini Rela Merubah Kepribadian  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya