Comscore Tracker

Guyub Rukun Warga Jabung Sleman, Boyong Lansia Vaksinasi Serentak

Warga Jabung juga bantu edukasi soal vaksin kepada lansia

Sleman, IDN Times - Kebersamaan dan kekompakan terlihat di Padukuhan Jabung, Pandowoharjo, Sleman. Pasalnya, untuk bisa menjangkau semua lansia agar bisa menerima vaksinasi, warga Padukuhan Jabung memboyong para lansia di padukuhan mereka ke RSUD Sleman untuk menjalani vaksinasi COVlD-19 bersama.

Baca Juga: Takziah Marak Jadi Klaster COVID-19, Pemkab Sleman Terbitkan Aturan 

1. Total ada 63 lansia yang ikut menjalani vaksinasi serentak

Guyub Rukun Warga Jabung Sleman, Boyong Lansia Vaksinasi SerentakVaksinasi serentak lansia Padukuhan Jabung, Pandowoharjo, Sleman. Dok: istimewa

Tidak semua lansia bisa mengakses internet untuk bisa mendapatkan informasi mengenai vaksin. Oleh karena itu, warga Jabung mengawali dengan melakukan edukasi tentang vaksinasi.

Setelah mengetahui mengenai kegunaan vaksin, warga pun mulai mendata dan mendaftarkan lansia di dukuh mereka secara kolektif. Setelah informasi jadwal vaksinasi di RSUD Sleman didapatkan, mereka kemudian menghubungi para lansia agar bersiap.

Anjar Wahyu Santoso, Dukuh Jabung mengatakan, secara keseluruhan ada 63 lansia yang menjalani vaksinasi serentak di RSUD Sleman pada Senin, 12 April 2021. Dari angka tersebut pun juga ada beberapa yang belum lolos vaksinasi usai berkonsultasi dengan dokter lantaran penyakit bawaan.

"Untuk total keseluruhan 63. Dikarenakan ada beberapa lansia yang sudah vaksin mandiri, dan ada yang minta didaftarkan ke Puri Husada dan RS UGM," ungkapnya pada Kamis (14/4/2021).

2. Gotong royong siapkan armada

Guyub Rukun Warga Jabung Sleman, Boyong Lansia Vaksinasi SerentakVaksinasi serentak lansia Padukuhan Jabung, Pandowoharjo, Sleman. Dok: istimewa

Anjar mengungkapkan, secara umum animo para lansia untuk mengikuti vaksinasi sangatlah tinggi. Untuk itu, warga bersemangat untuk membantu lansia agar mendapatkan vaksin.

Untuk bisa datang ke RSUD Sleman, armada yang digunakan pun juga berasal dari gotong-royong warga. Namun, bagi lansia yang masih berani mengendarai kendaraan sendiri, maka dipersilahkan untuk berangkat sendiri.

"Untuk armada itu hanya gotong-royong. Jadi ada yang mempunyai motor untuk membantu tetangga yang tidak bisa ke RS secara mandiri, dan ada yang membawa mobil untuk membantu tetangga yang tidak bisa ke RS mandiri," paparnya.

3. RSUD Sleman siapkan penjadwalan khusus

Guyub Rukun Warga Jabung Sleman, Boyong Lansia Vaksinasi SerentakVaksinasi serentak lansia Padukuhan Jabung, Pandowoharjo, Sleman. Dok: istimewa

Direktur RSUD Sleman, dr. Cahya Purnama menerangkan, untuk menghormati inisiatif warga dalam melestarikan budaya gotong-royong dan membantu para lansia, RSUD Sleman menyiapkan penjadwalan khusus bagi vaksinasi COVlD-19 lansia yang dikoordinasi secara kolektif oleh warga.

Dengan penjadwalan vaksinasi khusus tersebut diharapkan seluruh lansia dapat turut serta dalam vaksinasi dan lebih nyaman menjalani vaksinasi bersama sesama warga.

"Prosedur vaksinasi lebih lancar berkat tim pendamping dari warga Jabung yang membantu para lansia," katanya. 

Baca Juga: Warga Sleman di Zona Merah dan Oranye Diminta Beribadah di Rumah

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya