Gugus Tugas COVID-19 Sleman Beri Rekomendasi Aman 15 Ponpes     

Rekomendasi aman untuk melakukan kegiatan tatap muka 

Sleman, IDN Times - Sebanyak 15 pondok pesantren di Kabupaten Sleman telah mengantongi rekomendasi aman COVID-19.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmaladewi menerangkan dari total 25 pondok pesantren di Kabupaten Sleman yang mengajukan surat keterangan, 15 di antaranya sudah mendapatkan surat rekomendasi aman.

1. Rincian pondok pesantren yang sudah kantongi rekomendasi

Gugus Tugas COVID-19 Sleman Beri Rekomendasi Aman 15 Ponpes     Ilustrasi. Sejumlah santri Pondok Al-Fatah, Temboro, Magetan sedang mengisi data sebelum mengikuti rapid test COVID-19 di Puskesmas Mejayan, Kabupaten Madiun, Kamis (23/4). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Setelah mendapatkan rekomendasi selanjutnya pondok pesantren diperbolehkan melakukan kegiatan tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Tapi jika ditemui pelanggaran, maka rekomendasi tersebut bisa dicabut.

"Semua surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh gugus tugas kepada pihak yang mengajukan, apabila terdapat penyimpangan maka akan ditinjau ulang sampai tindakan dicabut kembali rekomendasinya," ungkapnya pada Senin (24/8/2020).

Sebanyak 15 pondok pesantren yang sudah mengantongi rekomendasi yakni Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Bina Umat, Wahid Hasyim, Diponegoro, Ar Roudhoh, Ibnul Qoyim, Al-ikhlas, Darul hikmah, Darul Ilmi, Miftahun Najah, Afkaruna, MBS Prambanan, Sinar Melati Pakem, Raudlatus Salam Berbah, serta Al Azhar.

Baca Juga: Anggota DPRD Bantul Positif Corona, Aktivitas Dewan Diliburkan 

2. Kemenag lakukan pantauan

Gugus Tugas COVID-19 Sleman Beri Rekomendasi Aman 15 Ponpes     Ilustrasi santri tengah melakukan tadarus di Masjid Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Sa'ban Nuroni menjelaskan saat ini masing-masing pondok pesantren sudah memiliki Gugus Tugas Penanganan COVID-19. 

"Ada pemantauan. Di samping pada pondok pesantren tersebut ada gugus tugas. Belum ada laporan kalau terjadi pelanggaran atas protokol kesehatan," terangnya.

3. Santri tidak boleh keluar kompleks

Gugus Tugas COVID-19 Sleman Beri Rekomendasi Aman 15 Ponpes     [Ilustrasi] Kegiatan para santri Pesantren Ar Raudhatul Hasanah saat Ramadan 2019 lalu (IDN Times/Prayugo Utomo)

Untuk menjaga agar santri tidak membawa virus masuk ke area pondok, pada saat kedatangan terlebih dahulu santri lakukan test kesehatan. Santri yang sudah berada di kompleks pondok, tidak diperkenankan lagi keluar.

"Mereka yang sudah masuk pesantren sudah ditest dan tidak diperkenankan keluar kompleks pondok. Sedangkan ustad dari luar setiap masuk pondok tetap prosedur protokol kesehatan dan sebagian sudah dilakukan swab massal oleh Dinkes," paparnya.

Baca Juga: Bantu Murid Peroleh Akses Internet, UGM Terjunkan 79 Mahasiswa 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya