Diserbu Pesanan Edisi Khusus BTS, Gerai McD Jakal Ditutup Sementara

Personel gabungan diterjunkan untuk urai kerumunan

Sleman, IDN Times - Belasan personel gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri, serta Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman diterjunkan untuk mengurai kerumunan yang ada di gerai McDonald's yang berada di Jalan Kaliurang (Jakal) KM 5,5 pada Rabu (9/6/2021) siang.

Diketahui, sejak pukul 10.00 WIB, antrean ojek online mulai mengular di Gerai McD Jalan Kaliurang KM 5,5 lantaran adanya edisi khusus menu kolaborasi McDonald's dan boyband Korea BTS yang hanya bisa dibeli melalui layanan aplikasi pesan antar.

Baca Juga: Heboh BTS Meals, Antrean Ojol di McDonald's Sultan Agung Mengular

1. Reguler order dan Drivethru ditutup

Diserbu Pesanan Edisi Khusus BTS, Gerai McD Jakal Ditutup SementaraMcD Jalan Kaliurang KM 5,5. IDN Times/Siti Umaiyah

Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman, Susmiarto, menyebutkan sekitar pukul 10.30 WIB, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bawasanya terjadi kerumunan di gerai McD Jakal KM 5,5. Lalu, sekitar pukul 11.00 WIB, sebanyak 16 personel gabungan diterjunkan ke lokasi.

Sesampainya di lokasi, Satpol PP Sleman secara langsung melakukan upaya mengurai kerumunan dengan cara berdialog dengan manager resto dan disepakati beberapa keputusan.

"Keputusan sebagai berikut. Reguler order ditutup. Drivethru ditutup. Menyelesaikan sisa order dari ojek online," ungkapnya pada Rabu (9/6/2021).

2. Gerai ditutup sementara

Diserbu Pesanan Edisi Khusus BTS, Gerai McD Jakal Ditutup SementaraMcD Jalan Kaliurang KM 5,5. IDN Times/Siti Umaiyah

Susmiarto menjelaskan, kerumunan yang terjadi tersebut diketahui melanggar Perbup 37.1 pasal 7 poin d tentang Penerapan Jaga Jarak sehingga menyebabkan kerumunan. Untuk itu, pihaknya memberikan sanksi dengan cara meminta gerai untuk sementara waktu ditutup hingga turunnya surat rekomendasi dari Kapanewon setempat.

"(Kegiatan) belum mempunyai surat rekomendasi dari Kapanewon Mlati," katanya.

3. Sempat menyebabkan kemacetan

Diserbu Pesanan Edisi Khusus BTS, Gerai McD Jakal Ditutup SementaraMcD Jalan Kaliurang KM 5,5. IDN Times/Siti Umaiyah

Salah seorang juru parkir yang ada di McD Jakal, Jumali, menyebutkan antrean McD edisi khusus ini mencapai puncak pukul 11.00 WIB. Dia menjelaskan, banyak motor ojol yang diparkir di depan maupun samping gerai hingga menimbulkan kemacetan di Jalan Kaliurang.

Lalu, dari Satpol PP Sleman pun datang dan melakukan penguraian antrean. Pada pukul 13.00 WIB, keramaian pun sedikit demi sedikit berkurang.

"Jelas bikin mecet, antrean sampai depan, motornya taruh depan. Cuma itu, sudah jam 12.00 WIB lebih satpol PP datang, langsung ditertibkan, yang masuk ditutup. Berkurang jam 13.00 WIB. Ramai karena ada promo yang BTS, tapi ya cuma online (ojol)," paparnya.

Sementara itu, hingga pukul 17.00 WIB, juga terpantau semua orderan di 6 Gerai McD yang ada di DIY, yang ada biasanya bisa diakses di aplikasi pemesanan online ditutup sementara.

Baca Juga: Dipopulerkan BTS, 10 Makanan dan Minuman Langsung Viral 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya