Comscore Tracker

Gegara Pandemik, 2 Tahun Sleman Tak Berangkatkan Transmigran 

Program transmigrasi terdampak refocusing pemerintah pusat

Sleman, IDN Times - Pandemik COVID-19 berdampak pada program transmigrasi dari Kabupaten Sleman. Selama dua tahun Kabupaten Sleman tidak memberangkatkan transmigran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Sutiasih menyampaikan, pada tahun 2020 dan 2021 ini, pihaknya tidak memberangkatkan para transmigran.

1. Sleman tak dapat jatah transmigrasi

Gegara Pandemik, 2 Tahun Sleman Tak Berangkatkan Transmigran Kepala Dinas Tenaga Kerja Sleman, Sutiasih. IDN Times/Siti Umaiyah.

Sutiasih menyampaikan adanya pandemik COVID-19 turut membuat adanya refocusing anggaran dari Pemerintah Pusat. Ada kebijakan pembatasan kuota transmigran untuk DIY. Hal tersebut membuat jatah transmigrasi untuk Sleman tidak ada.

"Tahun 2021 dan 2020 tidak memberangkatkan transmigrasi karena adanya refocusing pusat, jadi ada pembatasan kuota untuk DIY, sehingga Sleman tidak mendapatkan jatah," ungkapnya pada Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Polisi Gerebek Pinjol Ilegal di Sleman, Kantor Digunakan 1 Tahun 

Baca Juga: Polisi Gerebek Pinjol Ilegal di Sleman,  Amankan 83 Debt Collector

2. Pemkab Sleman terakhir berangkatkan 13 KK

Gegara Pandemik, 2 Tahun Sleman Tak Berangkatkan Transmigran Ilustrasi Transmigrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Sutiasih, Pemerintah Kabupaten Sleman sendiri terakhir memberangkatkan transmigran pada tahun 2019. Terdapat 13 KK yang berangkat dengan tujuan Bulungan, Kalimantan Utara dan Mamuju Tengah.

"Dari jumlah tersebut, 10 KK merupakan program sharing penempatan dengan Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara, sedangkan 3 KK merupakan penempatan berdasarkan kuota yang diterima dari pemerintah pusat," katanya.

3. Turut berdampak bagi PPKS di Sleman

Gegara Pandemik, 2 Tahun Sleman Tak Berangkatkan Transmigran Ilustrasi Transmigrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sutiasih menyampaikan, tidak adanya pemberangkatan transmigran ini turut berdampak pada tidak berkurangnya PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) di Kabupaten Sleman.

"Pembatalan pemberangkatan transmigran berakibat tidak berkurangnya PPKS," katanya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya