Edukasi Prokes, Sleman Libatkan 119 Duta Perubahan Perilaku

Mereka diharapkan jadi teladan di lingkungannya

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman saat ini telah miliki 119 duta perubahan perilaku. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menjelaskan, ratusan duta perubahan perilaku ini saat ini sudah tersebar di 17 kapanewon yang ada di Sleman.

Baca Juga: Tutup Hampir 2 Bulan, Pemkab Sleman Siapkan Skenario Uji Coba Pembukaan Wisata

1. Jadi teladan untuk penerapan protokol kesehatan

Edukasi Prokes, Sleman Libatkan 119 Duta Perubahan Perilakuilustrasi warga menggunakan masker (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kustini menjelaskan, duta perubahan perilaku merupakan orang yang menjadi teladan bagi masyarakat sekitarnya dalam menerapkan protokol kesehatan. Mereka juga turut melakukan sosialisasi dan edukasi perubahan perilaku di desa atau kalurahan. Di mana duta perubahan perilaku ini juga memiliki tugas harian untuk melakukan sosialisasi.

“Duta perubahan perilaku di Kabupaten Sleman ini memiliki tugas harian sosialisasi pada keluarga, tokoh agama dan masyarakat, toko, warung, tempat wisata dan lainnya dalam rangka mewujudkan perubahan perilaku masyarakat mencegah penyebaran COVID-19,” ungkapnya pada Sabtu (28/8/2021).

2. Lakukan upaya untuk tekan angka penyebaran COVID-19

Edukasi Prokes, Sleman Libatkan 119 Duta Perubahan PerilakuBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Dok: istimewa

Kustini mengatakan, untuk menekan angka persebaran COVID-19, Pemkab Sleman telah melakukan berbagai upaya. Seperti memaksimalkan Testing, Tracing, danTreatment (3T). Selain itu Pemkab Sleman juga terus melakukan evaluasi yang memiliki tujuan untuk perbaikan dan penguatan lagi komunikasi antar pihak terkait di semua lapisan masyarakat.

"Pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat juga terus dilaksanakan. Hingga 17 Agustus 2021 Vaksinasi tahap pertama yang telah diberikan kepada masyarakat Sleman berjumlah 379 ribu lebih atau 43,2 persen dari target yang telah ditetapkan yaitu 878 ribu jiwa. Untuk vaksin tahap ke dua sudah diberikan kepada 173 ribu masyarakat atau 19,8 persen dari target," jelasnya.

3. Libatkan duta perubahan perilaku di 34 provinsi

Edukasi Prokes, Sleman Libatkan 119 Duta Perubahan PerilakuIlustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Seno Wahyu Santoso, perwakilan Satgas COVID-19 Pusat saat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) internal terhadap pelaksanaan kegiatan pelaporan Duta Perubahan Perilaku di Kabupaten Sleman, mengatakan jika saat ini pemerintah melibatkan duta perubahan perilaku di 34 provinsi dan 429 Kabupaten/kota. Duta perubahan perilaku ini lebih berperan pada pencegahan COVID-19 dengan program perubahan perilaku yang bisa mencegah penyebaran COVID-19.

“Kunjungan ke lapangan ini untuk melihat keadaan yang sebenarnya terkait peran duta perubahan perilaku,” paparnya.

Baca Juga: Mal di Sleman Dibuka Lagi Hari Ini, Pengunjung Wajib Sudah Vaksinasi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya