Cairan Disinfektan Berpotensi Picu Kanker Jika Disemprotkan ke Tubuh

Disinfektan hanya untuk benda mati

Sleman, IDN Times - Banyak gerakan masyarakat yang ditujukan untuk mencegah penularan COVID-19. Seperti halnya melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat umum maupun rumah penduduk.

Peneliti Fakultas Farmasi UGM, Dr.rer.nat. Endang Lukitaningsih menjelaskan, disinfektan bisa digunakan sebagai alternatif mengendalikan jumlah antimikrobia dan virus di ruangan yang berisiko tinggi. Akan tetapi, yang menjadi catatannya, disinfektan tidak dianjurkan untuk disemprotkan ke tubuh manusia.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Disinfektan Tidak Boleh Disemprotkan ke Tubuh

1. Disinfektan tidak digunakan untuk kulit

Cairan Disinfektan Berpotensi Picu Kanker Jika Disemprotkan ke TubuhIDN Times/Candra Irawan

Endang memaparkan, disinfektan adalah bahan kimia yang dipakai untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur kecuali spora bakteri pada permukaan benda mati seperti lantai, furnitur, dan ruangan. Yang menjadi catatannya disinfektan tidak tepat jika digunakan untuk kulit manusia.

“Disinfektan tidak digunakan pada kulit ataupun selaput lendir karena berisiko mengiritasi kulit dan berpotensi memicu kanker. Hal ini berbeda dengan antiseptik yang memang ditujukan untuk disinfeksi pada permukaan kulit dan membran mukosa,” katanya pada Senin (6/4).

2. Disinfektan untuk membersihkan permukaan benda

Cairan Disinfektan Berpotensi Picu Kanker Jika Disemprotkan ke TubuhRelawan melakukan penyemprotan disinfektan di Balikapapan (IDN Times/Hilmansyah)

Menurut Endang, ada berbagai cara untuk menggunakan disinfektan, salah satunya dengan membersihkan permukaan benda dengan mengusap larutan disinfektan di bagian yang terkontaminasi. Seperti, pada lantai, dinding, tombol lift, permukaan meja, daun pintu, dan lainnya. Selain itu, disinfektan juga bisa digunakan dengan teknik spray atau fogging untuk mengendalikan jumlah antimikrobia dan virus di ruangan yang berisiko tinggi.

"Sementara pada ruangan yang sulit dijangkau biasanya digunakan sinar UV dengan panjang gelombang tertentu. Proses ini akan mencegah penularan mikroorganisme patogen dari permukaan benda ke manusia," jelasnya.

3. Ada berbagai produk disinfektan yang bisa digunakan

Cairan Disinfektan Berpotensi Picu Kanker Jika Disemprotkan ke TubuhBantuan Disinfektan dari CSR PT. Permata Abadi Group kepada Pemkab PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Endang memaparkan, ada berbagai produk disinfektan yang direkomendasikan untuk disinfeksi. Seperti , sodium hipoklorit, amonium kuartener (sejenis deterjen kationik), alkohol 70 persen dan hidrogen peroksida. Kendati begitu dia menghimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan pada label agar produk dapat digunakan dengan aman dan efektif.

“Konsentrasi disinfektan yang dipakai perlu diperhatikan. Selain itu waktu kontak antara objek dengan disinfektan antara 1-10 menit tergantung jenisnya, serta gunakan sarung tangan dan pastikan ventilasi yang baik untuk mengurangi paparan saat penggunaan,” paparnya.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Sendiri Disinfektan yang Aman dan Ampuh Basmi Corona

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya