Comscore Tracker

Disdik Sleman: Sekitar 5 Persen Guru di Sleman Alami Kendala TI

Faktor usia menjadi penyebabnya

Sleman, IDN Times - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman terus melakukan evaluasi terkait Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) daring di Sleman. Dari evaluasi yang dilakukan, Disdik menemukan ada sebagian kecil guru yang kurang menguasai di bidang teknologi informasi (TI), sehingga sempat mengalami kendala saat membuat materi ajar.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana mengungkapkan, selain kompetensi guru di bidang TI, kendala lain berkaitan dengan belum meratanya internet di sebagian kecil wilayah Sleman. Seperti beberapa di sekolah di sekitar lereng Merapi.

Baca Juga: Disdik Sleman Persiapkan Skenario Kegiatan Belajar Tatap Muka

1. Faktor usia jadi penyebab

Disdik Sleman: Sekitar 5 Persen Guru di Sleman Alami Kendala TIIlustrasi penerapan protokol kesehatan di sekolah (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Ery menjelaskan, ketika dipersentase, hanya sekitar 5 persen guru yang kurang menguasai TI. Faktor usialah yang menjadi penyebab utama. Yang mana guru yang bersangkutan juga mayoritas mendekati masa purna jabatan.

"Yang jadi kendala faktor usia, mereka mendekati purna. Dulu kan pembelajaran berbasis IT belum semaju seperti sekarang ini," ungkapnya pada Selasa (5/10/2020).

2. Lakukan pembimbingan

Disdik Sleman: Sekitar 5 Persen Guru di Sleman Alami Kendala TIKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana IDN Times/Siti Umaiyah

Ery mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya telah melakukan pembimbingan, baik melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG). Hasilnya, para guru yang bersangkutan sudah mulai familier.

"Dari sana, bersama teman-teman guru lain, yang sudah familier teknologi informasi (TI) mereka bersama-sama membuat aplikasi pembelajaran," terangnya.

3. Kurang dari 1 persen sekolah di Sleman terkendala internet

Disdik Sleman: Sekitar 5 Persen Guru di Sleman Alami Kendala TISejumlah siswa mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di SD Negeri 26 Sukajadi, Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (7/9/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Berkaitan dengan kendala internet sendiri, Ery menjelaskan jika ada sebagian kecil sekolah di Sleman yang mengalami kendala internet. Sekolah tersebut berada di beberapa kapanewon, seperti Cangkringan, Turi serta Tempel.

"Ya, masih ada wilayah Sleman yang belum ter-cover sinyal internet, tapi tidak banyak. Tempel, Cangkringan dan Turi, itu juga tidak banyak, tidak semua dari wilayah kecamatan itu tidak tersentuh internet," paparnya.

Baca Juga: Keren! Siswa SMP di Sleman Bikin Ikat Pinggang Physical Distancing

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya