Dinkes Sleman Targetkan Vaksinasi Tahap 1 Selesai Minggu Ini 

Target seluruh vaksinasi selesai Desember 2021 

Sleman, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan dosis pertama di Kabupaten Sleman sudah mencapai 89 persen. Sedangkan suntikan dosis kedua mencapai 85 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo menyebutkan angka vaksinasi untuk nakes ini sudah melebihi target awal yang dicanangkan Dinkes Sleman.

"Vaksinasi untuk SDM kesehatan sampai kemarin sore itu sudah tercapai 89 persen untuk dosis pertama, dan 85 persen untuk dosis kedua. Jadi sudah melampaui target 85 persen untuk pencapaian vaksinasi tersebut," ungkapnya pada Senin (22/2/2021).

1. Sasaran terus bertambah

Dinkes Sleman Targetkan Vaksinasi Tahap 1 Selesai Minggu Ini Ilustrasi. Kandidat vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Menurut Joko alasan vaksinasi SDM kesehatan belum mencapai angka 100 persen lantaran sasarannya terus bertambah. Sebelumnya SDM kesehatan yang masuk dalam kategori lansia memiliki komorbid, menyusui, penyintas COVID-19 sebelumnya tidak masuk ke dalam daftar. Saat terdapat perkembangan kategori tersebut dimasukkan ke sasaran pemberian vaksinasi. 

"Memang belum bisa 100 persen karena sasarannya memang bertambah kemarin," katanya.

Baca Juga: Diklaim Lebih Unggul, Epidemiolog  Pertanyakan Vaksin Nusantara  

2. Vaksinasi tahap pertama diusahakan selesai minggu ini

Dinkes Sleman Targetkan Vaksinasi Tahap 1 Selesai Minggu Ini Ilustrasi pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Proses pemberian vaksinasi tahap pertama untuk SDM kesehatan diusahakan selesai pada minggu ini. Sembari menunggu tahapan pertama selesai, Dinkes Sleman akan memulai vaksinasi tahap kedua kepada petugas pelayanan publik.

"Sambil kita menyelesaikan tahap pertama untuk SDM kesehatan, kita harus melaksanakan vaksinasi tahap dua untuk petugas pelayanan publik. Pemberian ini untuk tingkat pusat maupun kalurahan ataupun tingkat pelayanan masyarakat langsung," katanya.

3. Target seluruh vaksinasi selesai Desember 2021

Dinkes Sleman Targetkan Vaksinasi Tahap 1 Selesai Minggu Ini Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Secara keseluruhan tahapan vaksinasi di Kabupaten Sleman direncanakan selesai pada Desember 2021. Sembari menunggu proses tersebut, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Menurutnya vaksinasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari protokol kesehatan.

"Yang perlu ditekankan adalah bahwa vaksinasi COVID-19 merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya kita bersama dalam menanggulangi COVID. Terpenting penerapan protokol kesehatan atau kalau di Sleman kita mengenal Cita Mas Jajar," paparnya.

Baca Juga: Awal Maret 19 Ribu Pedagang dan Penjaga Toko di Malioboro Divaksinasi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya