Dapat Kiriman, Dinkes Sleman Tancap Gas Vaksinasi Massal Pelaku Wisata

Sleman baru terima 17 ribu dosis vaksin tambahan

Sleman, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman kembali menerima kiriman dosis vaksin COVID-19.

Menurut Kepala Dinkes Sleman, Joko Hastaryo, vaksin yang baru datang ini kurang lebih ada sebanyak 17 ribu dosis. Sehingga secara keseluruhan saat ini ada sebanyak 17.820 dosis vaksin yang tersimpan di gudang farmasi milik Dinkes Sleman.

"Kemarin baru saja dapat tambahan vaksin 17 ribu dosis, sehingga di gudang farmasi saat ini ada 17.820 dosis," ungkapnya pada Jumat (2/4/2021).

Baca Juga: 6.362 Pelaku Wisata di Sleman Akan Terima Vaksinasi 5 April

1. Langsung tancap gas vaksinasi massal

Dapat Kiriman, Dinkes Sleman Tancap Gas Vaksinasi Massal Pelaku WisataSejumlah tenaga kesehatan mengikuti vaksinasi dosis pertama vaksin COVID-19 Sinovac di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Joko mengungkapkan, dengan adanya belasan ribu dosis vaksin yang baru datang, pihaknya akan langsung melakukan vaksinasi massal kepada pelaku wisata di Kabupaten Sleman pada 5 April 2021 nanti. Selain itu, para pelaku transportasi publik di Kabupaten Sleman juga akan mulai divaksinasi.

"Lima ribu dosis disiapkan untuk vaksinasi pelaku wisata dan transportasi publik pada vaksinasi massal di Prambanan mulai besok Senin 5 April," katanya.

2. Sebagian vaksin akan didistribusikan ke 22 RS dan Puskesmas

Dapat Kiriman, Dinkes Sleman Tancap Gas Vaksinasi Massal Pelaku WisataIlustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Selain melakukan vaksinasi massal, Dinkes Sleman juga akan mendistribusikan sebagian dosis vaksin ke 22 RS yang tersebar di Kabupaten Sleman. Dosis di RS tersebut nantinya akan digunakan untuk vaksinasi lansia. Selain itu, sebagian lainnya akan digunakan untuk vaksinasi tenaga pendidik di puskesmas-puskesmas.

"Sebagian akan didistribusi ke 22 RS untuk melanjutkan vaksinasi bagi lansia, sebagian lagi didistribusi ke 25 puskesmas untuk menyelesaikan sasaran tenaga pendidik," terangnya.

3. Jumlah dosis belum mencukupi untuk selesaikan target vaksinasi tahap II

Dapat Kiriman, Dinkes Sleman Tancap Gas Vaksinasi Massal Pelaku WisataIlustrasi pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Meskipun belasan ribu dosis telah tersimpan di gudang milik Dinkes, menurut Joko jumlah tersebut belum cukup untuk memenuhi target vaksinasi tahap II. Hingga kini, sudah lebih dari 150 ribu orang terdaftar dalam vaksinasi tahap II.

"Sama sekali belum cukup. Yang sudah terdaftar saja sudah lebih dari 150 ribu. Yang belum terdata masih sekitar 100 ribu. Yang sudah tervaksin untuk tahap ke 2 ini baru sekitar 80 ribu untuk dosis 1 dan sekitar 15 ribu untuk dosis 2," paparnya.

Joko menyebutkan, ketika nanti persediaan vaksin mencukupi, pihaknya menarget vaksinasi tahap II akan selesai pada Bulan Mei 2021.

Baca Juga: 2 Klaster Takziah di Sleman, Segini Jumlah Warga yang Positif

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya