Dimulai Hari Ini, 9.068 Maba UGM Ikuti PPSMB Daring dari Rumah  

Presiden Jokowi berpesan mahasiswa ikuti perubahan zaman

Sleman, IDN Times - Sebanyak 9.068 mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti kegiatan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2020 hari pertama pada Senin (7/9/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo ini diikuti mahasiswa secara daring dari rumah masing-masing.

1. Tahun ini, UGM juga terima mahasiswa dari 21 negara

Dimulai Hari Ini, 9.068 Maba UGM Ikuti PPSMB Daring dari Rumah  PPSMB UGM 2020 yang diadakan secara daring. Dok: istimewa

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM, Djagal Wiseso Marseno mengungkapkan total 9.068 maba terdiri dari 7.927 mahasiswa Program Sarjana dan 1.141 mahasiswa Program Diploma Empat/Sarjana Terapan dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Dari jumlah yang diterima, terdapat 22,27 % mahasiswa penerima bantuan KIP-K," ungkapnya pada Senin (7/9/2020).

Djagal menyebutkan, selain menerima mahasiswa dari berbagai provinsi, tahun ini UGM juga menerima 48 mahasiswa asing yang berasal dari 21 negara, di antaranya dari Afganistan, Amerika Serikat, Hungaria, Serbia, Vietnam, dan Zimbabwe.

Baca Juga: Maba Keluhkan Batas Waktu Bayar UKT, UGM: Informasi Sejak 27 Agustus  

2. Ingatkan mahasiswa untuk berpegang pada akar budaya bangsa

Dimulai Hari Ini, 9.068 Maba UGM Ikuti PPSMB Daring dari Rumah  PPSMB UGM 2020 yang diadakan secara daring. Dok: istimewa

Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono mengingatkan kepada seluruh mahasiswa baru untuk tetap berpegang teguh pada akar budaya bangsa Indonesia dan nilai-nilai Pancasila yang selaras dengan slogan UGM.

“Kalian kuliah di UGM untuk menjadi Indonesia, untuk belajar menghargai perbedaan, mengakui kebhinekaan, dan mengelola keberagaman,” terangnya.

3. Presiden turut ingatkan mahasiswa akan perubahan zaman yang begitu cepat

Dimulai Hari Ini, 9.068 Maba UGM Ikuti PPSMB Daring dari Rumah  PPSMB UGM 2020 yang diadakan secara daring. Dok: istimewa

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam sambutannya turut mengingatkan mahasiswa mengenai perubahan zaman yang begitu cepat. Adanya pengetahuan baru yang terus bermunculan dan disrupsi yang terjadi di seluruh sendi kehidupan, mahasiswa dituntut untuk terus memperbarui pengetahuan dengan memanfaatkan sarana-sarana yang tersedia.

“Saudara-saudara harus bersiap diri menghadapi era yang baru. Selamat belajar, manfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin, jadilah generasi muda yang unggul untuk Indonesia maju,” paparnya.

Baca Juga: 4.370 Calon Mahasiswa Lolos Seleksi Mandiri UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya