Comscore Tracker

Digelar Besok, Sejumlah SMP di Sleman Telah Lakukan Persiapan MPLS

MPLS akan dilakukan secara daring

Sleman, IDN Times - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran baru 2020/2021 di wilayah Kabupaten Sleman akan dimulai besok, Senin (13/7/2020).

Berkaitan dengan hal tersebut, sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari materi, sumber daya manusia (SDM), portal daring yang akan digunakan, hingga sosialisasi kepada siswa baru.

Baca Juga: Disdik Sleman Godok SOP KBM di Masa New Normal

1. Siapkan materi dan jadwal

Digelar Besok, Sejumlah SMP di Sleman Telah Lakukan Persiapan MPLSANTARA FOTO/Septianda Perdana

Kepala SMP Negeri 4 Depok, Lilik Mardiningsih menjelaskan, untuk menghadapi MPLS, pihaknya telah mempersiapkan beberapa materi dan jadwal kegiatan para siswa. Dia menjelaskan, di awal MPLS, siswa akan diberi materi mengenai pengenalan profil sekolah, tenaga pendidik, muatan kurikulum, pengenalan pendidikan jarak jauh (PJJ), peraturan dan tata tertib sekolah, hingga pengenalan COVID-19 dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Selain hal tersebut, yang tidak kalah penting, pihaknya juga akan memberikan materi penguatan pendidikan karakter untuk mencegah kenakalan remaja.

"Kami setiap tahun ada kegiatan itu (pendidikan karakter) dan alhamdulillah anak-anak kami tidak ada yang kelebihan energi, karena kelebihan energi yang timbul harus kita salurkan, baik melalui olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler yang lain," ungkapnya pada Minggu (12/7/2020).

2. MPLS akan dilakukan melalui zoom meeting

Digelar Besok, Sejumlah SMP di Sleman Telah Lakukan Persiapan MPLSpexels/Julia M Cameron

Menurut Lilik, MPLS bagi siswa kelas 7 sendiri akan digelar melalui Zoom Meeting. Sedangkan untuk kelas 8 dan 9, hari pertama masuk di tahun ajaran baru akan diisi dengan kegiatan pendidikan karakter menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Nantinya, bagi siswa kelas 7 diperkenankan menggunakan seragam SD.

"Semua sudah kami jadwalkan dan sudah kami sosialisasikan pada semua orangtua, baik kelas 7, 8 dan 9 agar mengikuti kegiatan tersebut. Selama mengikuti Zoom Meeting anak anak diwajibkan memakai seragam sekolah sesuai harinya, sedangkan anak-anak kelas 7 memakai seragam SD," terangnya.

3. Telah berikan pembekalan kepada Tim MPLS

Digelar Besok, Sejumlah SMP di Sleman Telah Lakukan Persiapan MPLSSuasana PPDB di SMP Negeri 14 Kota Madiun, Rabu (1/7). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, Kepala SMP N 3 Prambanan, Nurani menjelaskan, saat ini pihaknya sudah membentuk tim MPLS yang akan bertugas selama MPLS berlangsung. Dia menjelaskan, jadwal serta materi MPLS sebelumnya juga telah disusun.

"Kami sudah membentuk Tim MPLS dan pembagian tugas untuk menyampaikan materi lewat daring. Hari Rabu (8/7/2020) kami sudah workshop tentang media untuk daring yang disampaikan oleh pengawas kami. Ditambah workshop media daring oleh guru TIK selama 2 hari agar kami bisa melaksanakan MPLS dengan maksimal," paparnya.

Baca Juga: Disdik Sleman Menilai KBM Jarak Jauh Tak Akan Seefektif Tatap Muka

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya