Digelar 5 Juli, 95 Persen Peserta UTBK Sudah Cetak Kartu Peserta

LTMPT lakukan relokasi tempat tes 

Sleman, IDN Times - Menjelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap pertama yang akan dilaksanakan pada Minggu (5/7/2020), sebanyak 95,75 persen dari total 703.875 peserta telah mencetak kartu peserta UTBK.

Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Anwar Efendi menjelaskan dari data yang dihimpun pada Sabtu (4/7/2020) pukul 09.30 WIB, ada sebanyak 554.006 (95,67 persen) peserta UTBK di tahap pertama yang mencetak kartu peserta, serta 119.954 atau 96,11 persen peserta UTBK tahap kedua yang mencetak kartu peserta.

Baca Juga: Tak Wajib Rapid Test, Peserta UTBK di Sleman Harus Bawa Surat Sehat

1. LTMPT telah relokasi dan lakukan penjadwalan ulang

Digelar 5 Juli, 95 Persen Peserta UTBK Sudah Cetak Kartu PesertaIlustrasi persiapan UTBK. IDN Times/Fitria Madia

Anwar menjelaskan, demi keamanan para peserta UTBK serta terbatasnya akses menuju ke lokasi tertentu, sebelumnya LTMPT telah melakukan relokasi tempat tes para peserta. Selain itu, penjadwalan ulang juga telah dilakukan.

Dia menerangkan, untuk batas akhir cetak ulang kartu adalah Minggu (5/7) bagi tahap II dan Sabtu (4/7) untuk tahap I.

"Kalau relokasi jadwal sudah dilakukan. Untuk tahap I dan Tahap II. Peserta diminta cetak ulang Kartu Tanda Peserta, untuk mengetahui jadwal yang baru, hasil relokasi," ungkapnya pada Sabtu (4/7).

2. UTBK dilaksanakan selama 4 sesi

Digelar 5 Juli, 95 Persen Peserta UTBK Sudah Cetak Kartu PesertaJajaran Universitas Airlangga meninjau kesiapan fasilitas UTBK, Jumat (3/7). IDN Times/Fitria Madia

Setelah mencetak Kartu Tanda Peserta hasil dari penjadwalan ulang, para peserta bisa mengikuti UTBK yang dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli bagi peserta yang ikut tahap pertama, dan 20-29 Juli untuk peserta tahap kedua. Nantinya, UTBK akan dilaksanakan selama empat sesi.

Anwar menerangkan, ketika mengikuti tes, peserta diwajibkan untuk membawa kartu peserta, fotokopi ijazah maupun surat keterangan lulus, serta mematuhi semua protokol pencegahan COVID-19.

"Masker wajib, sarung tangan dan face shield dianjurkan," terangnya.

3. Peserta diharuskan bawa surat sehat

Digelar 5 Juli, 95 Persen Peserta UTBK Sudah Cetak Kartu Pesertaupnyk.ac.id

Sementara itu, Kasubag Kerja Sama dan Humas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) Markus Kusnardijanto menerangkan, dari 2560 peserta yang terdaftar akan melaksanakan UTBK di UPNVY pada tes tahap pertama, ada sebanyak 2441 peserta yang sudah mencetak kartu. Nantinya para peserta diharuskan untuk mengikuti semua protokol kesehatan serta membawa surat sehat dari dokter yang memiliki izin praktik.

"Untuk sarana prasarana sudah siap, sedangkan tempatnya nanti yang digunakan hanya di Fakultas Teknik Industri, karena jumlah peserta yang ikut tidak melebihi dari yang kita perkirakan. (Peserta) tentunya memakai masker, handscoen, face shield dan mengenakan pakaian lengan panjang," paparnya.

Baca Juga: UPN Veteran Yogyakarta Siapkan 255 Komputer untuk 7.650 Peserta UTBK

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya