Comscore Tracker

Destinasi Wisata Kaliurang di Sleman Mulai Dibuka Kembali

Wisata candi juga akan segera beroperasi kembali

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman kembali membuka kawasan wisata Kaliurang pada Sabtu (23/10/2021). Sebelumnya, semua destinasi wisata yang ada di Kaliurang ditutup sejak adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada awal Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Punya QR Code PeduliLindungi, Tempat Wisata di Sleman Diizinkan Buka

1. Dua destinasi di antaranya dikelola Pemkab Sleman

Destinasi Wisata Kaliurang di Sleman Mulai Dibuka KembaliWisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan setidaknya ada sejumlah destinasi wisata yang ada di Kaliurang yang dibuka hari ini. Sementara itu, untuk destinasi wisata di Kaliurang yang dikelola Pemkab Sleman yang dibuka hari ini meliputi Taman Kaliurang dan Wisata Kaliadem.

"Saat ini lokasi wisata di Kabupaten Sleman dibuka secara bertahap khususnya lokasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sleman (sumber PAD)," ungkapnya pada Sabtu (23/10/2021).

2. Kapasitas 25 persen

Destinasi Wisata Kaliurang di Sleman Mulai Dibuka KembaliWisata Tlogoputri di Kaliurang. IDN Times/ Siti Umaiyah

Menurut Kustini, dibukanya kembali destinasi wisata di Kaliurang ini lantaran saat ini Kabupaten Sleman telah masuk PPKM Level 2. Selain itu, pembukaan ini telah sesuai dengan Surat Edaran NOMOR 188/05836 tentang Pembukaan Destinasi Wisata di DIY yaitu Destinasi wisata yang sudah memiliki sertifikat CHSE, QR Code PeduliLindungi dan menerapkan aplikasi Visiting Jogja dengan kapasitas 25 persen.

Sementara itu, bagi destinasi wisata yang belum memiliki sertifikat CHSE, dapat melakukan UJI COBA operasional terbatas dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan menerapkan sistem reservasi dan skrining Kesehatan standar PeduliLindungi kepada pengelola dan wisatawan/pengunjung melalui aplikasi Visiting Jogja.

3. Wisata candi juga akan dibuka

Destinasi Wisata Kaliurang di Sleman Mulai Dibuka KembaliBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Dok: istimewa

Selain di Kaliurang, Kustini menjelaskan jika wisata Candi di wilayah Kabupaten Sleman juga akan segera beroperasi kembali. Adapun wisata Candi tersebut yaitu Candi Banyunibo, Candi Ijo, dan Candi Sambisari.

"Sementara untuk wisata yang dikelola masyarakat, boleh kembali dibuka dengan ketentuan telah memiliki screening PeduliLindungi dan menerapkan prokes," paparnya.

Baca Juga: Baru 11 Tempat Wisata di Sleman yang Kantongi QR Code PeduliLindungi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya