Dana Pemilihan Lurah di Sleman Rp9 Miliar, Persiapan Capai 80 Persen 

Para petugas harus vaksinasi  

Sleman, IDN Times - Gelaran Pemilihan Lurah (Pilur) di 35 kalurahan di Sleman direncanakan dilakukan pada 31 Oktober 2021. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman Budiharjo menyatakan tahap persiapan Pilur di Sleman sudah mencapai 80 persen.

"Yang belum dilaksanakan, undian nomor urut calon, kampanye, hari tenang dan pemilihan," ungkapnya pada Senin (30/8/2021).

1. Setelah tanggal 9 Oktober, pengambilan nomor urut mulai dilakukan

Dana Pemilihan Lurah di Sleman Rp9 Miliar, Persiapan Capai 80 Persen Pixabay

Budiharjo menjelaskan untuk pengambilan nomor urut para calon akan dilakukan setelah tanggal 9 Oktober 2021. Hal itu sesuai ketentuan Kementerian Dalam Negeri.

Sama seperti pelaksanaan Pilur sebelumnya, pada gelaran Pilur 2021 ini juga akan diselenggarakan dengan sistem e voting. Di mana, pemilih melakukan pemilihan dengan sistem komputer yang sudah disediakan di Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Budiharjo mengungkapkan untuk total anggaran yang siapkan untuk Pilur tahun ini sebesar Rp9.634.619.540.

"Iya, tetap diakukan dengan e-voting," jelasnya. 

Baca Juga: 5 Ton Salak Pondoh dari Sleman Diekspor ke Kamboja Setiap Pekan

2. Assesment sistem e-voting sudah dilakukan

Dana Pemilihan Lurah di Sleman Rp9 Miliar, Persiapan Capai 80 Persen ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Berkaca pada Pilur sebelumnya, evaluasi yang yang dilakukan oleh Dinas PMK Kabupaten Sleman, antara lain keadaan bilik suara kurang tinggi serta uji sistem oleh tim ahli yang kompeten. 

"Untuk Pilur tahun ini sudah pesan yang lebih tinggi. Yang kedua uji sistem oleh tim ahli yang berkompeten juga sudah dilaksanakan," terangnya.

3. Petugas semuanya akan divaksinasi

Dana Pemilihan Lurah di Sleman Rp9 Miliar, Persiapan Capai 80 Persen Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sesuai dengan protokol kesehatan, para pemilih akan diatur kedatangannya. Sedangkan untuk petugas, diharuskan menggunakan masker, menggunakan sarung tangan dan semua petugas akan divaksinasi.

"Petugas semuanya divaksinasi," paparnya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya