Catat, Mulai 31 Januari UGM Layani Vaksinasi Booster Bagi Masyarakat Umum

Ingin dapatkan booster, warga harus mendaftar di link khusus

Sleman, IDN Times - Vaksin booster atau dosis ketiga mulai diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Ketua Satgas COVID-19 UGM dr. Rustamaji menjelaskan, vaksinasi sudah dimulai sejak Sabtu (22/1/2022) dengan sasaran civitas UGM. Dilanjutkan Senin (31/1/2022), vaksinasi booster akan diberikan kepada masyarakat umum.

1. Ingin mendapatkan booster, warga harus mendaftar di link khusus

Catat, Mulai 31 Januari UGM Layani Vaksinasi Booster Bagi Masyarakat UmumIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Rustamaji mengungkapkan, bagi masyarakat yang tertarik mengikuti vaksinasi harus mendaftarkan diri melalui http://ugm.id/Vaksinumum. Tersedia sebanyak 2.000 hingga 2.500 dosis.

“Kami akan buka untuk umum tanggal 31 Januari dengan kapasitas maksimal 2.500 pendaftar,” ungkapnya pada Senin (24/1/2022).

2. Ini kriteria yang bisa mengikuti vaksinasi booster

Catat, Mulai 31 Januari UGM Layani Vaksinasi Booster Bagi Masyarakat UmumIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Rustamaji memaparkan kriteria masyarakat yang bisa mendaftarkan diri yakni telah menerima vaksinasi primer lengkap dengan jenis vaksin Sinovac, Sinopharm, serta Astra Zaneca. Jarak antara vaksinasi kedua dengan booster minimal enam bulan mengacu pada Surat Edaran nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster).

“Jaraknya enam bulan sesuai dengan program,” katanya.

Baca Juga: Konsentrasi Hadapi Persebaya, PSS Latihan Adaptasi dan Taktikal  

3. Jenis vaksin yang disediakan adalah phizer

Catat, Mulai 31 Januari UGM Layani Vaksinasi Booster Bagi Masyarakat UmumIlustrasi vaksin Pfizer (Reuters/Dado Ruvic)

Jenis vaksin yang disediakan yakni Pfizer sebagai vaksin heterolog, diharapkan mampu meningkatkan daya kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap virus SAR-CoV-2. Untuk menyukseskan kelancaraan pelaksanaan vaksinasi lanjutan, kata Rustamadji, pihaknya mengerahkan sekitar 120 tenaga kesehatan yang secara bergantian akan terlibat dalam enam kali kegiatan vaksinasi hingga akhir Januari.

“Mereka terbagi menjadi 23 tim yang masing-masing beranggotakan 4 orang,” jelasnya.

Selain layanan vaksinasi di Grha Sabha Pramana, UGM juga melayani vaksinasi lanjutan di Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM untuk masyarakat berusia di atas 18 tahun. UGM telah menyiapkan 14 ribu dosis vaksin untuk melayani vaksinasi lanjutan di GSP selama beberapa hari ke depan. Hingga hari ini, dosis yang telah diberikan sebanyak 4.970 dosis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya