Besok, Lansia di Sleman Mulai Terima Vaksin Booster Gratis

Apa saja syarat untuk ikutan?

Sleman, IDN Times - Kick-off pemberian vaksin dosis ketiga atau booster di Kabupaten Sleman akan segera dilakukan. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Sleman, Khamidah Yuliati, mengungkapkan rencananya vaksinasi booster ini akan mulai dilakukan besok, 12 Januari 2022 sesuai dengan program dari Pemerintah Pusat.

Baca Juga: 13 Ribu Guru di Sleman Jadi Prioritas Penerima Vaksinasi Booster  

1. Kick-off akan dilakukan di Puskesmas Ngaglik 1

Besok, Lansia di Sleman Mulai Terima Vaksin Booster GratisVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Yuli menjelaskan, sasaran utama dari vaksinasi booster ini adalah lansia. Di mana vaksinasi booster perdana rencananya akan dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Ngaglik 1, Kalurahan Sardonoharjo.

"(Setelah kick-off) selanjutnya bisa tetap dilakukan secara reguler oleh puskesmas masing-masing, supaya bisa berjalan bersama dengan vaksinasi anak 6-11 tahun yang akan diselesaikan lebih dulu," ungkapnya pada Selasa (11/1/2022).

2. Vaksinasi booster gratis di Sleman masih menyasar lansia

Besok, Lansia di Sleman Mulai Terima Vaksin Booster GratisIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Menurut Yuli, untuk saat ini sasaran dan pemberian vaksin booster gratis di Kabupaten Sleman masih ditujukan untuk kelompok lansia. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman ada sebanyak 124.932 sasaran lansia. Sebanyak 83,1 persen atau 103.831 lansia yang sudah menerima vaksinasi dosis 1 dan 75,2 persen atau sebanyak 93.981 lansia sudah menerima vaksinasi dosis 2.

"(Vaksinasi booster gratis masih dikhususkan lansia) iya," terangnya.

3. Sejumlah syarat yang harus disiapkan

Besok, Lansia di Sleman Mulai Terima Vaksin Booster GratisVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. Dok. Pertamina MOR IV Jateng-DIY.

Yuli mengatakan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar lansia bisa menerima vaksinasi booster. Di antaranya yakni sudah divaksinasi dosis kedua, dan membawa kartu vaksinasi dosis 1 dan 2.

"(Selain itu) fotokopi KTP, dan sudah diorganisir/mendaftar melalui kader," paparnya.

Baca Juga: Warga Sleman Mulai Dapat Vaksinasi Booster 12 Januari 2022

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya