Beri Kesempatan Generasi Muda Kembangkan Inovasi, UNY Gelar World Youth Invention And Innovation Award

Peserta sebanyak 377 tim dari 34 negara 

Sleman, IDN Times - Memberikan ruang untuk menampilkan kreasi anak muda, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA).

Bekerja sama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA), acara ini berlangsung mulai 17 hingga 21 Agustus 2021, diikuti oleh pelajar hingga mahasiswa secara daring.

1. Peserta 377 tim dari 34 negara

Beri Kesempatan Generasi Muda Kembangkan Inovasi, UNY Gelar World Youth Invention And Innovation AwardUNY gelar WYIIA pada 17-21 Agustus 2021. Dok: istimewa

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana menjelaskan tahun ini Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA). Kegiatan ini diikuti oleh 377 tim dari 34 negara. Di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Saudi Arabia, Malaysia, Thailand, Turki, Azerbaijan dan Korea.

“Kegiatan ini untuk mencari siswa yang kreatif, inovatif dan memenuhi syarat dalam bidang science dan teknologi," ungkapnya pada Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: Mahasiswa UNY Bantu Petani, Ciptakan Alat Pengusir Burung Tenaga Surya

2. WYIIA akan dibagi jadi 8 kategori

Beri Kesempatan Generasi Muda Kembangkan Inovasi, UNY Gelar World Youth Invention And Innovation AwardUNY gelar WYIIA pada 17-21 Agustus 2021. Dok: istimewa

President of IYSA Deni Irawan menjelaskan WYIIA dibagi dalam 8 kategori yaitu matematika, lingkungan, teknologi, energi dan rekayasa, ilmu kehidupan, ilmu sosial, fisika serta pendidikan. Sebagai tuan rumah, UNY mengirimkan 12 tim yang ikut dalam hampir semua kategori.

"Kompetisi ini memperebutkan medali emas, perak dan perunggu serta penghargaan UNY Special Award, UNY Rector Award, IYSA Special Award, IYSA Lachievement Award dan IYSA Grand Award," jelasnya.

3. Diharapkan bisa tingkatkan semangat anak muda

Beri Kesempatan Generasi Muda Kembangkan Inovasi, UNY Gelar World Youth Invention And Innovation Awardgaleri.uny.ac.id

Salah seorang peserta WYIIA, Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY, Wolly Dwi Parma membuat sebuah karya  dengan tema Sistem Keamanan wilayah dari COVID-19 menggunakan E-KTP dalam kategori teknologi. Wolly mengatakan akan berusaha maksimal dalam kompetisi dan berharap karyanya dapat direalisasikan di Indonesia. “Kami optimis dapat meraih emas” paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya