Band Dekan UGM Gelar Konser Amal Virtual untuk Bantu Mahasiswa

Galang dana dari alumni dan mitra

Sleman, IDN Times - Grup band kumpulan dekan Universitas Gadjah Mada (UGM), The Dean Band, mengadakan konser virtual dalam rangka penggalangan dana kemanusiaan  untuk membantu meringankan beban mahasiswa terdampak COVID-19.

Konser amal yang berlangsung kurang lebih 1,5 jam tersebut secara bergantian menampilkan para dekan UGM yang membawakan lagu-lagu favorit Indonesia, pop Jawa, maupun lagu barat.

Tidak hanya itu, Rektor UGM, Panut Mulyono pun turut berpartisipasi dalam konser virtual ini dengan membawakan lagu berjudul Apa Salah dan Dosaku milik D’lloyd.

Baca Juga: PMI DIY Kembali Distribusikan APD ke 4 Rumah Sakit

1. Konser amal untuk menggugah kepedulian alumni dan mitra

Band Dekan UGM Gelar Konser Amal Virtual untuk Bantu MahasiswaKonser amal virtual The Dean Band. Dok: istimewa

Dekan Fakultas Filsafat UGM sekaligus penggebuk drum The Dean Band, Dr. Arqom Kuswanjono menjelaskan, konser musik virtual ini bertujuan untuk menggugah kepedulian para alumni serta mitra untuk mendukung upaya penggalangan dana.

“Lewat konser ini tidak hanya bisa menikmati keindahan musik, tetapi membuka kesempatan bagi alumni serta mitra untuk ikut peduli dengan mahasiswa UGM yang terdampak COVID-19. Kita berkesenian sekaligus menggalang dana,” ungkapnya pada Selasa (21/7/2020).

2. Konser dari rumah masing-masing

Band Dekan UGM Gelar Konser Amal Virtual untuk Bantu MahasiswaKonser amal virtual The Dean Band. Dok: istimewa

Arqom mengungkapkan, konser dari the Dean Band ini merupakan konser pre-recorded yang diputar secara daring di platform YouTube. Sebelumnya, para dekan membawakan lagu dengan direkam dari rumah masing-masing selanjutnya di putar secara online dengan iringan band pengiring secara live saat konser berlangsung.

"Konser dari tempat masing-masing ini dilakukan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan pemerintah untuk di rumah saja guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19," terangnya.

3. Hasil penggalangan dana untuk ringankan beban mahasiswa

Band Dekan UGM Gelar Konser Amal Virtual untuk Bantu MahasiswaKonser amal virtual The Dean Band. Dok: istimewa

Menurut Arqom, hasil penggalangan dana yang didapatkan, nantinya akan digunakan untuk membantu meringankan beban mahasiswa UGM yang mengalami masalah keuangan selama pandemik COVID-19.

“Bantuan nantinya akan kita berikan agar tetap sasaran dan penggunaannya. Misalnya untuk mendukung biaya hidup mahasiswa atau dalam bentuk saran prasarana yang mendukung proses pembelajaran,” paparnya.

Baca Juga: Sektor Filantropi Sumbang Rp905 M untuk Penanganan COVID-19 Tanah Air

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya