Antisipasi Virus Corona Bandara Adisutjipto Dirikan Posko Waspada 

Belum ada penumpang yang terpapar virus

Sleman, IDN Times - Menghindari kepanikan masyarakat terkait penyebaran virus corona, PT Angkasa Pura (AP) I mendirikan Posko Layanan Waspada 2019-nCoV atau virus corona jenis baru di area kedatangan Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto pada Jumat (31/1).

Agus Pandu Purnomo, General Manager PT AP I, Bandara Internasional Adisutjipto menjelaskan, pendirian posko bertujuan untuk menghindari kepanikan wisatawan terkait penyebaran virus.

Data 2019 tercatat sebanyak 19 ribu turis asal negara Tirai Bambu datang ke DIY. Jumlah ini menempati urutan ke enam jumlah turis yang datang melalui Bandara Adisutjipto.

Baca Juga: Virus Corona Ancam Pelaksanaan Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang 

1. Kerjasama dengan KKP dan instansi terkait

Antisipasi Virus Corona Bandara Adisutjipto Dirikan Posko Waspada General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama saat memaparkan Posko Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kamis (19/12/2019). IDN Times/Holy Kartika

Pandu menerangkan, pihaknya bekerja sama dengan karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, ASITA, serta PHRI.

"Nantinya, akan ada dokter yang siap berjaga untuk memberikan informasi yang valid. Kita sebelumnya juga melakukan upaya keamanan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang di area kedatangan Internasional," katanya pada Jumat (31/1).

2. Belum ada penumpang yang terdeteksi terjangkit corona

Antisipasi Virus Corona Bandara Adisutjipto Dirikan Posko Waspada Posko waspada 2019-nCoV. Foto: Humas AP I

Sementara itu, Dokter KKP di Bandara Adisutjipto, Meristika menuturkan berdasarkan pengecekan yang telah dilakukan, sampai saat ini belum ditemukan penumpang yang terdeteksi terjangkit virus corona. Sebagai upaya pencegahan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan dengan thermal scanner.

"Kalau kita temukan penumpang dengan suhu tubuh tinggi, akan dilakukan pengecekan ulang suhu secara manual. Selanjutnya jika penumpang memiliki gejala corona, akan segera dirujuk ke rumah sakit dan segera dikarantina," ungkapnya.

3. Virus corona belum berdampak pada kunjungan wisatawan

Antisipasi Virus Corona Bandara Adisutjipto Dirikan Posko Waspada Bandara internasional Adisutjipto. IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menerangkan hingga saat ini virus corona belum berdampak pada pengaruh kunjungan wisatawan di DIY. Pihaknya pun juga belum mengeluarkan kebijakan travel warning.

"Kita tetap waspada. Kita juga belum menerapkan kebijakan travel warning atau sejenisnya. Mengingat Yogyakarta juga membuka penerbangan internasional langsung dari Kuala Lumpur dan Singapura," jelasnya.

 

Baca Juga: Menhub Promosikan Damri, Moda Transportasi Baru ke Bandara YIA

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya