Agar Lolos Verifikasi, KPU Ingatkan Jumlah Dukungan Calon Independen

KPU akan melakukan verifikasi faktual

Sleman, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY calon independen memperhitungkan jumlah saiinan dukungan yang dikumpulkan.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan berdasarkan pengalaman sebelumnya banyak dukungan yang terpaksa gugur karena tidak lolos.

"Jangan mepet jumlahnya pengumpulan, karena berdasarkan pengalaman sebelumnya banyak dukungan yang gugur atau  kena diskualifikasi. Ini sebagai langkah antisipasi saja agar saat verifikasi tetap lolos," ujar Hamdan, Senin (13/1).

 

Baca Juga: KPU DIY Buka Tahapan Calon Pilkada Independen 11 Desember 2019

1. KPU akan lakukan pengecekan cermat terkait dukungan

Agar Lolos Verifikasi, KPU Ingatkan Jumlah Dukungan Calon IndependenKetua KPU DIY, Hamdan Kurniawan. IDN Times/Siti Umaiyah

Salinan dukungan e-KTP merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh calon independen. Ketika hal tersebut tidak dapat terpenuhi, otomatis calon tidak bisa maju dalam Pilkada 2020.

"Kita minta agar calon bisa menyerahkan salinan KTP yang berasal dari orang-orang yang betul-betul memberi dukungan. Tidak abal-abal, karena KPU dan jajarannya akan mengecek satu per satu," katanya saat ditemui di kantor KPU Sleman, Senin (13/1).

2. Verifikasi administrasi bisa kurangi jumlah dukungan

Agar Lolos Verifikasi, KPU Ingatkan Jumlah Dukungan Calon IndependenKetua KPU DIY, Hamdan Kurniawan. IDN Times/Siti Umaiyah

Selain jumlah, Hamdan menyatakan verifikasi bisa mengurangi jumlah dukungan.

"Verifikasi administrasi bisa mengurangi jumlah dukungan. Apalagi bila sudah dilakukan verifikasi faktual. Makanya untuk jumlah dukungan harus dilebihkan, agar ketika verifikasi tidak mengurangi jumlah dukungan," ungkapnya.

Jumlah dukungan yang harus dipenuhi dari calon independen di Pilkada adalah 7,5% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Wilayah dukungan juga harus tersebar 50% dari jumlah kecamatan.

Untuk  Pilkada Sleman, jumlah minimum dukungan yakni 58.096 dukungan, Bantul minimal 53.026 dukungan, sedangkan Pilkada Gunungkidul berjumlah 45.443 dukungan.

3. Di Sleman baru ada 1 calon independen yang akan mendaftar

Agar Lolos Verifikasi, KPU Ingatkan Jumlah Dukungan Calon IndependenKetua KPU Sleman, Trapsi Hariyadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Berkaitan dengan Pilkada Sleman, Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi mengungkapkan saat ini sudah ada satu calon independen dari kalangan wiraswasta yang ingin mendaftarkan diri. Pihaknya pun telah menyerahkan akun dan simulasi pengisian sistem informasi pencalonan (silon).

"Saat baru ada satu nama yang berasal dari kalangan wiraswasta. Kami tidak bisa menyebutkan nama yang bersangkutan, khawatir salah penyebutan. Akun sudah kita berikan, tinggal yang bersangkutan bisa mulai mengisi berkas salinan dukungan ke akun tersebut," katanya.

Baca Juga: Calon Independen yang Maju Pilkada Bantul Perlu 53 Ribu Fotokopi KTP

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya