Comscore Tracker

90 Persen Nakes di Sleman Kebagian Jatah Vaksinasi Moderna

Ada 8.900 dosis yang diterima Dinkes Sleman

Sleman, IDN Times - Sebanyak 90 persen tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Sleman akan menjalani vaksinasi dosis ketiga. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama mengatakan, vaksinasi dosis ketiga ini akan menggunakan jenis vaksin produksi Moderna.

Baca Juga: Stok Vaksin Menipis, Target Jumlah Vaksinasi Pelajar Sleman Meleset  

1. 8.900 dosis vaksin akan disuntikan

90 Persen Nakes di Sleman Kebagian Jatah Vaksinasi Modernailustrasi penyuntikan vaksin (ANTARA FOTO/Soeren Stache/Pool via REUTERS)

Cahya menerangkan, saat ini sudah ada sebanyak 13.788 nakes di Sleman yang menerima suntikan vaksin dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac. Selanjutnya, ada kurang lebih 890 vial atau 8.900 dosis vaksin Moderna jatah sementara untuk Sleman yang sudah datang di DIY yang seluruhnya diperuntukkan untuk vaksinasi dosis ketiga bagi nakes.

"Jadi setidaknya 90 persen nakes itu akan kami beri dosis ketiga,” ungkapnya pada Selasa (3/8/2021).

2. Diperuntukkan untuk nakes yang bekerja di rumah sakit

90 Persen Nakes di Sleman Kebagian Jatah Vaksinasi ModernaVaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Cahya menerangkan, nakes yang berhak menerima vaksin dosis ketiga ini yakni harus nakes yang bekerja di rumah sakit dan menangani langsung pasien. Dengan demikian, mereka yang bertugas di Dinkes belum dapat jatah.

Menurut Cahya, jatah vaksin pun dilihat dengan prioritas tertentu atau selektif. Mulai dari indikator jumlah pasien yang ditangani, pertama untuk bangsal isolasi, Instalasi Gawat Darurat maupun Intensive Care Unit yang menangani pasien COVID. Selanjutnya, vaksin dosis ketiga diberikan kepada seluruh nakes dan pejabat lainnya.

"Sementara untuk masyarakat umum, diperkirakan dalam waktu dekat ini Pemkab masih terus selesaikan vaksin dosis kedua, sembari menunggu dropping dari pusat. Begitu ada, kami mulai mengejar dosis pertama lagi," katanya.

3. Vaksinasi COVID-19 ditargetkan selesai tahun ini

90 Persen Nakes di Sleman Kebagian Jatah Vaksinasi Modernailustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Lebih lanjut, Cahya mengatakan jika Pemkab Sleman mendapat janji Menteri Kesehatan akan diberikan banyak sekali jatah vaksin, pada Agustus. Terlebih menteri mewajibkan vaksinasi COVID-19 bisa selesai tahun ini. Kendati merupakan target yang berat, Dinkes Sleman merasa diuntungkan sekali dengan tingginya animo masyarakat untuk disuntik vaksin.

"Dan perlu diikuti dengan ketersediaan vaksin. Sehingga bisa dilaksanakan dengan cepat, dengan baik," jelasnya.

Baca Juga: Stok Vaksin Terbatas, Sleman Prioritaskan Vaksinasi Dosis Kedua 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya