648 Masjid dan Musala di Sleman Diperbolehkan Gelar Salat Iduladha

Selenggarakan salat Id, harus miliki surat aman COVID-19 

Sleman, IDN Times - Sebanyak 648 rumah ibadah di di Sleman mengantongi surat rekomendasi aman COVID-19 penyelenggaraan salat Iduladha. 

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmaladewi mengungkapkan ketentuan izin tersebut berlaku untuk semua rumah ibadah di Kabupaten Sleman baik masjid maupun musala.

1. Sudah ada 648 rumah ibadah yang kantongi rekomendasi

648 Masjid dan Musala di Sleman Diperbolehkan Gelar Salat IduladhaIDN Times/Bagus F

Sebanyak 648 rumah ibadah yang sudah mengantongi surat rekomendasi aman COVID-19 terdiri dari 629 masjid dan 19 musala yang tersebar di 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman.

Selain surat rekomendasi aman COVID-19 menuurut Shavitri pihaknya tidak memberikan persyaratan lain.

"Syarat cukup ini saja rekomendasi aman COVID-19," ungkapnya pada Selasa (28/7/2020).

Baca Juga: Cegah Penularan, Mulai Besok Dinkes Sleman Lakukan Tes Swab di Ponpes

2. Cukup gunakan surat aman COVID-19

648 Masjid dan Musala di Sleman Diperbolehkan Gelar Salat IduladhaIlustrasi penerapan normal baru di masjid. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Sa'ban Nuroni menjelaskan isi surat tesebut mengenai protokol yang wajib ditaati oleh pengurus masjid maupun jamaah yang datang ke masjid. Antara lain pengaturan jarak, kewajiban bermasker dan penyediaan sarana cuci tangan.

"Tidak ada protokol khusus untuk salat iduladha, masih memakai SE Menag No. 15/2020 dan SE Bupati tentang Rumah Ibadah Aman COVID-19," terangnya.

3. Warga yang sakit diimbau tetap di rumah saja

648 Masjid dan Musala di Sleman Diperbolehkan Gelar Salat IduladhaWarga menandai batas jarak antar jamaah di lokasi salat Idul Fitri 1441 H di Masjid Jami Al-Ma'mur, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Pemerintah Kota Bekasi mengizinkan 41 Kelurahan dari 56 kelurahan, yang berada di zona hijau untuk menyelenggarakan salat berjamaah dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Sa'ban mengimbau agar warga yang sakit tetap di rumah saja. Hal tersebut ditujukan sebagai langkah antisipasi.

"Yang kurang sehat bisa di rumah," paparnya. 

Baca Juga: 7 Resep Minuman Sehat dan Segar yang Cocok Disajikan Saat Iduladha

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya