5 Tips Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa, Jangan Konsumsi Gula Berlebih 

#RamadanDiRumah Saat berpuasa pastikan tubuhmu sehat ya 

Sleman, IDN Times - Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), R. Dwi Budiningsari, mengungkapkan, di tengah pandemik COVID-19, umat muslim harus semangat dalam menjalani ibadah puasa. Menurutnya, ketika berpuasa penting bagi seseorang tetap menjaga kebugaran tubuh.

Lalu bagaimana tipe agar tubuh tetap bugar selama berpuasa. Berikut tips yang dibagikan oleh Budiningsari.

Baca Juga: Cara Mengurangi Sampah Plastik Dimulai dari Mengubah Perilaku

1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

5 Tips Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa, Jangan Konsumsi Gula Berlebih pixabay.com/saifulmulia

Budiningsari menjelaskan, ketika hendak berpuasa penting untuk memastikan memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh. Orang sehat dianjurkan tetap berpuasa. Sedangkan bagi yang sakit dianjurkan berkonsultasi terlebih dulu ke dokter.

2. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

5 Tips Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa, Jangan Konsumsi Gula Berlebih pixabay.com/NatalieMin

Setelah seseorang dipastikan sehat, hal lain yang penting dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Saat sahur dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna diubah menjadi energi.

"Dengan begitu energi yang dihasilkan akan bertahan lebih lama dan juga merasa kenyang lebih lama. Contohnya seperti nasi merah, kentang, roti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan ubi," katanya pada Kamis (23/4). 

Selain karbohidrat, konsumsi sayuran hijau, brokoli, wortel, dan lainnya yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral juga perlu diperhatikan. Untuk protein sendiri dapat dipenuhi dari hewani maupun nabati seperti ikan, telur, ayam, daging merah, tempe, dan tahu. 

"Tak kalah penting mengoonsumsi buah-buahan, seperti semangka, pepaya, melon,  jeruk, buah naga, dan lainnya. Selanjutnya, menjaga asupan air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8-9 gelas sehari, diatur mulai dari buka hingga sahur," paparnya.

3. Batasi konsumsi gula

5 Tips Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa, Jangan Konsumsi Gula Berlebih Ilustrasi gula (IDN Times/Dokumen)

Saat berpuasa, seseorang perlu untuk membatasi konsumsi gula. Disaranka gula yang dikonsumsi tidak lebih dari 50 gram sehari atau setara dengan 4 sendok makan, karena bisa memengaruhi sel imun untuk memerangi penyakit.

"Selain itu hindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak trans tinggi dan kurangi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan atau minuman yang terlalu manis,” terangnya.

4. Tidak perlu makan berlebihan saat berbuka

5 Tips Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa, Jangan Konsumsi Gula Berlebih pexels.com/ mentatdgt

Budiningsari menyebutkan, saat berbuka disarankan tidak perlu makan denga porsi berlebih. Porsi makan saat berbuka puasa sebaiknya sekitar 10-25 persen dari kebutuhan sehari, diikuti makan malam setelah salat Magrib sekitar 25-35 persen, snack malam sekitar 10-25 persen. Sedangkan saat sahur sebesar 20-35 persen kebutuhan sehari.

5. Tetap olahraga dan istirahat yang cukup

5 Tips Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa, Jangan Konsumsi Gula Berlebih Pixabay/free-photos

Selain hal-hal di atas agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, masyarakat tetap disarankan tetap berolahraga. Olahraga ini dapat dilakukan dengan aktivitas rumah tangga dan senam aerobik ringan hingga sedang.

Selain berolahraga, masyarakat juga disarankan agar beristirahat yang cukup setidaknya delapan jam sehari. "Menjadwalkan tidur secara teratur penting dilakukan sebab jadwal tidur selama berpuasa berubah drastis. Selain itu, hindari stres karena bisa menurunkan imunitas,” paparnya.

Baca Juga: Hanya Perlu 5 Langkah, 10 Resep Sahur Praktis dan Sehat 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya