2 Candi Dibuka, Pelaku Wisata Diminta Terapkan Protokol COVID-19 

Objek wisata yang dibuka di bawah manajemen PT TWC

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman, Sri Purnomo meminta kepada hotel serta pelaku wisata yang berkaitan di Kabupaten Sleman untuk menerapkan protokol pencegahan COVID-19, ketika 2 destinasi wisata di bawah kewenangan PT Taman Wisata Candi (TWC) benar-benar akan dibuka.

Rencananya dua destinasi wisata, yakni Candi Prambanan dan Ratu Boko akan dibuka pada 8 Juni 2020. Bupati meminta semua pihak yang terkait diminta untuk bersiap menghadapi pembukaan tersebut.

1. Protokol pencegahan penting diterapkan

2 Candi Dibuka, Pelaku Wisata Diminta Terapkan Protokol COVID-19 Pixabay.com/fernandozhiminaicela / 2254

Menurut Bupati, penerapan protokol kesehatan sangatlah penting di situasi pandemik Covid-19 seperti ini. Oleh karenanya, para pelaku wisata, baik hotel maupun restoran, juga perlu untuk memberikan panduan secara rinci kepada pengunjung.

"Supaya ketika mereka (pengunjung) nanti datang ke sana tidak ada kekhawatiran. Ketika akan buka, ya kami mohon aktivitas dan tempatnya dipersiapkan betul. Yang terkait dengan protokol kesehatan disiapkan betul," ungkapnya pada Jumat (29/5).

Baca Juga: Pembukaan Tempat Wisata di Yogyakarta Tunggu Gugus Tugas COVID-19 DIY

2. Dinpar akan kumpulkan pelaku wisata

2 Candi Dibuka, Pelaku Wisata Diminta Terapkan Protokol COVID-19 Bupati Sleman, Sri Purnomo. IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati menjelaskan dalam waktu dekat, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan mengumpulkan semua pelaku wisata, baik hotel, restoran, dan yang lainnya untuk membuat kesepakatan penerapan protokol pencegahan COVID-19. Meskipun saat ini status tanggap darurat masih diperpanjang, tetapi untuk pola-pola ketika situasi berubah harus dipersiapkan.

"Nanti akan ada kesepakatan bagaimana kita menjalankan kegiatan tapi protokol kesehatan dilaksanakan. Walaupun kita ini masih situasi darurat diperpanjang sampai satu bulan, kita sudah siapkan pola yang harus dilaksanakan," terangnya.

3. Baru 2 destinasi wisata di bawah PT TWC yang akan dibuka

2 Candi Dibuka, Pelaku Wisata Diminta Terapkan Protokol COVID-19 Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih. IDN Times/Siti Umaiyah

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih menjelaskan, untuk sementara hanya ada 2 destinasi wisata di bawah PT TWC yang akan dibuka. Untuk menghadapi hal tersebut, dalam minggu ini pihaknya akan mengumpulkan para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

"Sementara baru yang di bawah kewenangan PT TWC (destinasi yang dibuka). Kami sedang mempersiapkan semuanya," paparnya

 

Baca Juga: Gegara Corona, Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Ditutup 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya