136 Kamar di MIC UGM Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19 Gejala Ringan

Nakes dan obat-obatan juga tersedia

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menyiapkan ratusan kamar untuk isolasi pasien COVID-19 gejala ringan. Direktur Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional UGM, Danang Sri Hadmoko, mengungkapkan setidaknya ada sebanyak 136 kamar lengkap dengan isinya yang disiapkan di Wisma Mardliyyah Islamic Center (MIC).

Baca Juga: Selama Masa PPKM, Mobilitas Warga Jogja Hanya Turun 15 Persen  

1. Siapkan 200 bed

136 Kamar di MIC UGM Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19 Gejala RinganIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Danang menjelaskan, dari 136 kamar yang ada, di dalamnya terdapat 200 bed, 136 set meja lipat dan kursi, 136 buah smart TV 32 inci, dan 136 kulkas. Menurutnya, penyiapan kamar isolasi ini lantaran ada banyaknya peningkatan kasus COVID-19 di berbagai daerah.

"Semoga segera bisa dimanfaatkan,” ungkapnya pada Jumat (9/7/2021).

2. Tenaga kesehatan dan obat-obatan juga telah disiapkan

136 Kamar di MIC UGM Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19 Gejala RinganPenyiapan MIC UGM untuk isolasi pasien COVID-19. (dok. Istimewa)

Rekor UGM, Panut Mulyono menjelaskan, layaknya rumah sakit, shelter ini juga menyediakan tenaga kesehatan (nakes) dengan perawatan standar, penyediaan obat-obatan, maupun program yang bisa mempercepat penyembuhan penderita COVID-19 bergejala ringan.

"Selain MIC, selter yang disiapkan oleh UGM, yaitu asrama mahasiswa, Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) UGM, Wanagama dan asrama Laboratorium Geologi di Bayat, Klaten," katanya.

Selain shelter, UGM juga telah membantu menyiapkan pasokan oksigen di rumah sakit, khususnya RS Sardjito dan RSA UGM. Diharapkan, minggu depan akan ada pasokan oksigen rutin yang dilakukan untuk membackup pasokan regular di rumah sakit tersebut.

‘‘Pengiriman oksigen untuk rumah sakit serta membantu menyiapkan selter dan kelengkapannya ini merupakan kontribusi para mitra, alumni dan donatur,“ jelasnya.

3. Asrama mahasiswa sebelumnya juga telah digunakan sebagai tempat isolasi

136 Kamar di MIC UGM Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19 Gejala RinganPenyiapan MIC UGM untuk isolasi pasien COVID-19. (dok. Istimewa)

Sebelumnya, UGM Residence yang mengelola 8 asrama dengan kapasitas 2.617 bed dan 1.399 kamar juga telah dipergunakan sebagai selter penderita COVID-19. Manajer Utama UGM Risedence, FX. Pri Joewo Guntoro, menyebutkan sejak Maret 2020 berbagai fasilitas dan SDM UGM Residence aktif membantu Satgas COVID-19 UGM, baik berupa infrastruktur maupun sosialisasi sebagai bagian dari pengelolaan PPKM Darurat saat ini.

‘‘Khusus dua asrama mahasiswa UGM dengan total 495 bed, 19 persen dari kapasitas totalnya telah digunakan untuk isolasi mandiri,“ terangnya.

Menurut Guntoro, UGM Residence juga bekerja sama dengan Wisma Kagama menyediakan Rumah Singgah bagi tenaga kesehatan (nakes) dan dokter yang bertugas menangani COVID-19 dengan menyiapkan 31 kamar dengan 62 bed.

Baca Juga: Pakar UGM Ingatkan Potensi PHK Massal Saat PPKM Darurat

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya