Comscore Tracker

Profil Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana

Ia mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati tahun 2000-2022

Kulon Progo, IDN Times - Fajar Gegana merupakan Wakil Bupati Kulon Progo untuk periode sisa masa jabatan 2000--2022. Ia mengisi kekosongan jabatan setelah Sutedjo yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Kulon Progo menggantikan Hasto Wardoyo sebagai Bupati Kulon Progo pada 7 Desember 2019.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar dikenal sebagai pebisnis yang aktif sebagai Pengurus HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Tak hanya itu, Fajar pun aktif sebagai Pengurus DPC PDIP Kulon Progo yang menjabat posisi Wakil Ketua.

Baca Juga: Profil Bupati Kulon Progo Sutedjo

1. Profil dan latar belakang Fajar Gegana

Profil Wakil Bupati Kulon Progo Fajar GeganaWakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana (kulonprogokab.go.id)

Nama lengkap: Fajar Gegana
Tempat, tanggal lahir: Kulon Progo, 12 Mei 1987
Partai: Partai PDIP
Profesi: Politikus, pebisnis

Fajar dikenal sebagai pemuda yang aktif dalam berbagai organisasi termasuk sesuai dengan profesinya sebagai politikus dan wirausahawan. Di bidang politik, dia berada dalam naungan Partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sedangkan di bidang bisnis, Fajar menjabat sebagai pengurus HIPMI Kulon Progo. 

2. Riwayat organisasi

Profil Wakil Bupati Kulon Progo Fajar GeganaWakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana (kiri). (instagram.com/fajar_gegana)

Fajar menyukai kehidupan berorganisasi, jadi tak mengherankan jika dia mengikuti berbagai organisasi seperti:

1. Pengurus Banteng Muda Indonesia (BMI) DIY
2. Penasihat Taruna Merah Putih Kulon Progo
3. Baguna DIY
4. Putra Binangun Berdikari
5. Sedulur Jokowi
6. HIPMI Kulon Progo
7. Penasehat PAC P4SK NU Panjatan

3. Perjalanan karier politik

Profil Wakil Bupati Kulon Progo Fajar GeganaPelantikan Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana. (Dok. Humas Pemda DIY)

Pada 9 April 2020, DPRD Kulon Progo mengadakan pemungutan suara untuk memilih Wakil Bupati Kulon Progo. Fajar bersama dengan beberapa calon lainnya seperti Agus Langgeng Basuki pun menjadi kandidat Wakil Bupati Kulon Progo. Hasilnya, Fajar unggul 28 suara dari Langgeng yang meraih 12 suara dan beberapa calon lainnya.

Fajar menggantikan Sutedjo sebagai Wakil Bupati Kulon Progo yang sudah terlebih dulu dilantik sebagai Bupati Kulon Progo pada 7 November 2019. Ini karena, Bupati Kulon Progo sebelumnya, Hasto Wardoyo mendapat amanah sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) oleh Presiden Joko Widodo. 

Fajar resmi dilantik sebagai Wakil Bupati Kulon Progo dengan sisa jabatan 2017-2022 di Gedong Pracimosono, Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Kamis, 11 Juni 2020. Pelantikan ini sendiri dipimpim langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan menggunakan standar protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga: Profil Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo

IamLathiva Photo Community Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya