Comscore Tracker

Rio Febrian, Frau dan Langit Sore Meriahkan Prambanan Jazz Online

Merupakan konser virtual pertama di Candi Prambanan

Sleman, IDN Times- Salah satu event musik jazz di Yogyakarta, Prambanan Jazz Festival 2020 akan diselenggarakan secara online besok Sabtu, 18 Juli 2020. 

Meski event tahunan ini sudah dijadwalkan ulang untuk diadakan pada pada tanggal 30, 31 Oktober, dan 1 November 2020 nanti, Rajawali Indonesia selaku promotor ingin terlebih dahulu mengobati kerinduan sekaligus kekecewaan para penggemar Prambanan Jazz Festival dengan mengadakan Prambanan Jazz Online. 

 

 

 

Baca Juga: Diundur, Jadwal Terbaru dan Harga Tiket Prambanan Jazz Festival 2020

1. Ditayangkan live melalui platform konser online

Rio Febrian, Frau dan Langit Sore Meriahkan Prambanan Jazz OnlineInstagram.com/prambananjazz

Prambanan Jazz Online ini akan diadakan pada Sabtu (18/7/2020) mulai pukul 15.30 WIB dan dapat dinikmati secara live melalui channel iKonser Usee TV atau melalui aplikasi iKonser dan UseeTV GO bagi pelanggan yang sudah berlangganan channel dan aplikasi terebut.

Namun pihak Rajawali Indonesia memberikan akses gratis menonton acara ini bagi para pemegang tiket Prambanan Jazz Festival 2020 yang akses tautannya akan dikirimkan melalui email untuk mengobati rasa kecewa.

Acara musik jazz tahunan di Prambanan ini, awalnya dijadwalkan pada tanggal 3, 4, dan 5 Juli 2020 namun harus tertunda karena pandemik Corona. 

 

2. Merupakan konser virtual pertama di Candi Prambanan

Rio Febrian, Frau dan Langit Sore Meriahkan Prambanan Jazz OnlineAnas Syahrul Alimi, founder Prambanan Jazz - Instagram.com/anas_alimi

Prambanan Jazz Online tetap akan dilakukan dengan latar Candi Prambanan, sehingga besok akan menjadi konser musik virtual pertama di Indonesia yang dilaksanakan secara langsung dari situs cagar budaya dalam masa pandemik ini.

"Besok hari Sabtu 18 Juli finally kita akan gelar virtual konser pertama live streaming langsung dari venue, yaitu venue tercantik di dunia, Candi Prambanan. Kita bisa mengklaim bahwa ini baru pertama kali diadakan di Indonesia yang langsung live dari venue," ucap Anas Syahrul Alimi, founder Prambanan Jazz Festival, pada virtual press conference Prambanan Jazz Online, Jumat (17/7/2020).

Anas juga berharap bahwa dengan Prambanan Jazz Online ini dapat meningkatkan respon yang sangat positif dari industri musik, dan dunia kreatif bisa terus bergerak serta menyesuaikan dengan kenormalan baru.

3. Mengundang para musisi Yogyakarta dan akan didukung dengan teknologi mumpuni

Rio Febrian, Frau dan Langit Sore Meriahkan Prambanan Jazz OnlineInstagram.com/riofebrian25

Prambanan Jazz Online akan menghadirkan tiga headliner yang semuanya dari Yogyakarta, yaitu Rio Febrian, Frau, dan Langit Sore. Ketiga headliner dari Yogyakarta ini menurut Anas dipilih karena mampu menyajikan musik yang baik juga memudahkan akomodasi di tengah masa pandemik.

Selain itu, Rajawali Indonesia juga mengusahakan teknis acara menggunakan teknologi terbaik agar para penonton Prambanan Jazz Online bisa tetap terhibur.

"Ini akan disiapkan oleh Telkom jadi urusannya langsung sama satelit jadi tidak akan ada lagi istilah connection-nya putus-putus atau lambat," ucap Anas.

Selain itu dalam konser online kali ini menggunakan sebanyak sembilan kamera sehingga mampu menangkap pandangan yang luas saat konser dilaksanakan. Anas juga menyarankan para penonton menggunakan headset untuk mendapatkan sensasi maksimal saat menonton konser online ini.

4. Dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat

Rio Febrian, Frau dan Langit Sore Meriahkan Prambanan Jazz OnlineInstagram.com/prambananjazz

Tovic Raharja selaku Direktur Utama Rajawali Indonesia menambahkan Prambanan Jazz Online akan tetap dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam masa pandemik corona.

“Prambanan Jazz Online melibatkan gugus tugas covid dalam menjalankan konser ini, tidak ada penonton namun standard protokol kesehatan berlaku bagi seluruh penampil dan crew yang harus bertugas. Meskipun ini new normal tapi kita harus bergerak dan beradaptasi,” ucap Tovic.

5. Menggalang donasi untuk para pekerja event terdampak COVID-19

Rio Febrian, Frau dan Langit Sore Meriahkan Prambanan Jazz OnlineInstagram.com/prambananjazz

Tak hanya menyajikan sajian musik melalui Prambanan Jazz Online saja, Rajawali Indonesia juga membuka donasi untuk para pekerja event yang terdampak COVID-19 melalui acara ini.

Donasi ini dimulai pada 18 Juli 2020 hingga saat Prambanan Jazz Festival 2020 diadakan pada bulan Oktober dan November mendatang. Caranya yaitu dengan melakukan pemesanan merchandise resmi Prambanan Jazz Festival 2020, atau melakukan donasi langsung ke rekening milik Rajawali Indonesia.

Baca Juga: 10 Momen Sederhana dan Manis Kejutan Ulang Tahun ke-39 Rio Febrian

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya