[UPDATE] Kasus Konfirm di DIY Bertambah 72, 38 Hasil Tracing Ponpes

Ada tambahan satu orang yang meninggal akibat virus corona

Yogyakarta, IDN Times - Angka penambahan kasus konfirm atau positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali melonjak. Terhitung ada 72 kasus konfirm baru di wilayah DIY. 

"Pada hari ini tanggal 3 Oktober 2020 terdapat tambahan 72 kasus positif, sehingga total kasus positif COVID-19 di DIY menjadi sebanyak 2.772 kasus," ujar juru bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (3/10/2020).

Baca Juga: Kasus Positif Ponpes terus Bertambah,  Sleman Gencarkan Tracing   

1. Temuan kasus baru di Sleman mencapai 54 kasus

[UPDATE] Kasus Konfirm di DIY Bertambah 72, 38 Hasil Tracing PonpesIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Berty menyebutkan, dari 72 kasus yang teridentifikasi sebagai Kasus 2706 sampai 2777 tersebut, 54 di antaranya diketahui berasal dari Kabupaten Sleman. Lainnya, yaitu dari Kabupaten Bantul 14 kasus, serta dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo masing-masing dua kasus.

Sedangkan untuk distribusi kasus berdasarkan riwayat, 63 di antaranya merupakan hasil tracing kontak dari kasus lainnya. Selain itu, ada pula yang berasal dari hasil skrining pekerjaan sebanyak 1 kasus, dan pelaku perjalanan 2 kasus. Sedangkan 6 sisanya masih dalam penelusuran.

2. Sebanyak 38 di antaranya dari hasil tracing ponpes

[UPDATE] Kasus Konfirm di DIY Bertambah 72, 38 Hasil Tracing PonpesIlustrasi pondok pesantren. IDN Times/Prayugo Utomo

Berty turut memaparkan adanya temuan kasus baru dari pondok pesantren di Sleman. Tercatat ada 38 kasus baru yang ditemukan. 

"Kasus 2728 sampai dengan 2765, 38 kasus dari hasil tracing Kasus 2610, berasal dari ponpes di Sleman," terang Berty. 

Dengan demikian, jumlah kasus positif aktif di Sleman hingga saat ini mencapai 503 kasus, sedangkan di DIY sendiri kasus aktifnya mencapai 722 orang.

3. Sebanyak 19 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia

[UPDATE] Kasus Konfirm di DIY Bertambah 72, 38 Hasil Tracing PonpesUpdate data kasus COVID-19 di DI Yogyakarta, Sabtu (3/10/2020). twitter.com/humas_jogja

Selain itu, Berty juga membeberkan beberapa informasi lain terkait COVID-19 pada hari Sabtu. Di antara, ada 19 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Sehingga total kasus sembuh menjadi sebanyak 1.976 kasus," terangnya.

Adapun para pasien yang sembu tersebut berasal dari Bantul sebanyak dua orang, Kulon Progo 14 orang, dan Gunung kidul tiga orang.

Sedangkan korban yang meninggal akibat COVID-19 juga bertambah satu orang, sehingga jumlah kasus meninggal di DIY menjadi 74 orang. Korban yang meninggal hari ini adalah seorang laki-laki berusia 58 tahun asal Sleman, dengan komorbid diabetes mellitus dan hipertensi.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: [UPDATE] Jumlah Positif COVID-19 di Jogja Menyentuh 2.700 Kasus

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya