Tiket Bus dari Terminal Giwangan Sudah Habis hingga 3 Januari 2023

Arus penumpang meningkat signifikan

Yogyakarta, IDN Times - Tiket bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan tujuan Jakarta, Pulau Sumatera, dan Bali sudah ludes hingga awal Januari 2023.

"Tiket untuk tujuan Jakarta, Sumatera, dan Bali, sudah habis terjual sampai 3 Januari tahun depan," terang Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta, Bekti Zunanta, di Yogyakarta, Minggu (25/12/2022) dilansir ANTARA.

1. Penumpang naik signifikan

Tiket Bus dari Terminal Giwangan Sudah Habis hingga 3 Januari 2023Ilustrasi Terminal Giwangan, Yogyakarta IDN Times/Nindias Khalika

Bekti mengatakan, libur panjang akhir tahun ini menyumbang kenaikan arus penumpang yang signifikan dibandingkan tahun lalu. Sebab, momen ini bersamaan dengan libur sekolah dan pembatasan perjalanan tidak lagi diberlakukan.

“Infrastruktur jalan yang semakin baik juga menjadi salah satu alasan banyak masyarakat yang kemudian memanfaatkan moda transportasi darat,” ujarnya.

Kendati tiket sudah terjual habis, Bekti mengaku belum ada rencana memberangkatkan armada bus tambahan untuk daerah tujuan yang disebutkan tadi. “Semuanya masih dilayani dengan armada reguler,” tambahnya.

Baca Juga: Jembatan Kretek II Dibuka, Dispar Bantul Bikin TPR Darurat

2. Puncak arus mudik Natal pada Sabtu

Tiket Bus dari Terminal Giwangan Sudah Habis hingga 3 Januari 2023IDN Times/Nindias Khalika

Menurut Bekti, hari Sabtu (24/12/2022) menjadi puncak arus mudik libur Natal. Total penumpang yang turun di Terminal Giwangan mencapai 6.126 orang, sedangkan yang berangkat 7.382 orang. Jumlah tersebut merupakan penumpang bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) maupun bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP).

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, arus penumpang di Terminal Giwangan naik mencapai 77 persen untuk kedatangan dan 59 persen untuk keberangkatan.

"Peningkatan arus penumpang di Terminal Giwangan pada masa libur akhir tahun sudah mulai terlihat pada pertengahan pekan ini," katanya.

3. Siapkan posko

Tiket Bus dari Terminal Giwangan Sudah Habis hingga 3 Januari 2023Terminal Giwangan Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Pada libur akhir tahun lalu, Terminal Giwangan rata-rata melayani sekitar 3 ribu penumpang per hari. Bekti memperkirakan, pergerakan penumpang kembali mencapai puncaknya menjelang pergantian tahun. 

“Kami menyiapkan beberapa posko untuk memberikan pelayanan ke penumpang seperti posko keamanan dan kesehatan. Dan meskipun sudah tidak ada aturan pembatasan, namun kami tetap berharap penumpang memenuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Mahfud MD: Malam Natal di Tanah Air Berjalan Kondusif

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya