Pemkot Yogyakarta Gelar Job Fair, Ada 3 Ribu Lowongan Kerja!

Buat kamu pejuang loker, kesempatan ini gak boleh dilewatkan

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan Job Fair pada 15--29 November 2022 yang digelar secara virtual. Job Fair 2022 ini diikuti oleh 55 perusahaan dan menyediakan 3.914 lowongan kerja.

1. Untuk mendaftar Job Fair 2022 cukup scan QR code

Pemkot Yogyakarta Gelar Job Fair, Ada 3 Ribu Lowongan Kerja!Job Fair 2022 yang digelar Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta. (Dok. Pemkot Yogyakarta)

Substansi Koordinator Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Sunarto, mengatakan bursa tenaga kerja ini digelar memberikan informasi terkait pekerjaan kepada masyarakat demi mengurangi angka pengangguran di Kota Yogyakarta.

"Mudah-mudahan job fair virtual ini dapat menurunkan angka pengangguran atau pencari kerja di Kota Yogyakarta," jelas Sunarto dilansir laman resmi Pemkot Yogyakarta, Senin (15/11/2022).

Ia menjelaskan, job fair ini dapat diakses dengan memindai QR code pada infografis yang diunggah akun Twitter Pemkot Yogyakarta, @PemkotJogja, maupun mengakses laman jobfair.jogjakota.go.id.

"Job Fair tahun 2022 ini diikuti oleh berbagai perusahaan nasional dan multinasional, seperti Larissa, Mirota, Cokelat Monggo, BUMN PNM, Alfamidi, Rumah Sakit Happy Land, Indomaret, Fave Hotel, dan masih banyak lagi," tambah Sunarto.

Baca Juga: Kegiatan G20 di Bali dan Muktamar Tingkatkan Okupansi Hotel di Jogja  

2. Angka pengangguran pada 2022 mencapai 3 ribu orang

Pemkot Yogyakarta Gelar Job Fair, Ada 3 Ribu Lowongan Kerja!Ilustrasi job fair. (IDN Times/Galih Persiana)

Sunarto mengharapkan angka pengangguran di Kota Yogyakarta dapat turun melalui kegiatan ini. Pada tahun 2019, angka pengangguran di Kota Yogyakarta sebanyak 3.104 orang. Angka tersebut melonjak ke 5.626 orang pada 2021 akibat pandemi. Tahun 2022, angka pengangguran kembali turun ke 3.839 orang.

"Indikasinya adalah semakin pulihnya perusahaan maka semakin banyak lowongan bagi pengangguran dan pencari kerja. Sehingga banyak yang mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

3. Manfaatkan sebaik-baiknya

Pemkot Yogyakarta Gelar Job Fair, Ada 3 Ribu Lowongan Kerja!Website Job Fair Kota Yogyakarta. (jobfair.jogjakota.go.id)

Sunarto berharap, masyarakat yang sedang mencari pekerjaan bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. ''Selain untuk masyarakat, kita berharap juga bagi perusahaan dapat ikut mendorong dan memfasilitasi para pencari kerja," ucapnya. 

Pencari kerja dapat mendaftarkan diri melalui Jogja Smart Service (JSS). Job Fair 2022 ini terbuka untuk diikuti oleh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Menuju Fase Endemik tapi Kasus Covid-19 Naik, Ini Komentar Kemenkes

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya