Comscore Tracker

Maba UGM Bentangkan Kertas 'Wadas Melawan' di Depan Ganjar

Aksi tersebut terjadi pada penutupan PPSMB UGM 2022

Sleman, IDN Times - Video seorang mahasiswa baru (maba) Universitas Gadjah Mada membentangkan kertas bertuliskan "Wadas Melawan" viral di media sosial Twitter.

Pasalnya, aksi tersebut dilakukan di depan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang tengah memberi wejangan dalam penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2022 di Lapangan Grha Sabha Pramana (GSP), Sabtu (6/8/2022).

1. Aksi di hadapan ribuan mahasiswa

Video tersebut berdurasi 20 detik tersebut dibagikan oleh akun Twitter @jogjaistimewaya pada Sabtu. 

"Mahasiswamu sangar," tulis akun tersebut sembari me-mention salah satu akun. 

Pada saat berita ini ditulis, video tersebut sudah disukai 27 ribu kali dan di-retweet lebih dari 6 ribu kali.

Baca Juga: Alissa Wahid Bicara Wadas dan Peran Millennial Menjaga Lingkungan

2. Ganjar hanya memberi tanggapan singkat

Maba UGM Bentangkan Kertas 'Wadas Melawan' di Depan GanjarTangkapan layar video seorang maba UGM membentangkan kertas bertuliskan "Wadas Melawan" di Grha Sabha Pramana. (twitter.com/jogjaistimewaya)

Aksi mahasiswa yang membentangkan kertas bertuliskan "Wadas Melawan" berlangsung ketika Ganjar selesai berorasi di depan ribuan mahasiswa. Saat itu, ia tengah mengomentari tulisan-tulisan dalam poster yang diangkat oleh mahasiswa. Tulisan "Wadas Melawan" itu pun menarik perhatiannya. 

"Wadas Melawan, wuaduh aktivis ini pasti. Suka saya, saya suka ini," komentar Ganjar singkat.

Warga Wadas di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sendiri mendesak Ganjar mencabut Izin Penetapan Lokasi (IPL) penambangan batuan andesit untuk proyek Bendungan Bener. Namun, hingga kini Gubernur Jateng tersebut belum juga memenuhi tuntutan tersebut.

3. Ganjar hadir memberi wejangan kepada mahasiswa

Maba UGM Bentangkan Kertas 'Wadas Melawan' di Depan GanjarGanjar Pranowo memberi wejangan dalam penutupan PPSMB UGM 2022. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar hadir sebagai Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) untuk memberi wejangan kepada 9 ribu lebih maba yang hadir di Lapangan GSP.

“Selamat, ya. Diterima di UGM itu tidak mudah. Yang antre banyak banget. Saya berharap kamu jadi agen perubahan dan agen pembangunan. Kamulah yang akan melakukan modernisasi,” ungkap dia dilansir laman resmi UGM, Sabtu.

Menurut dia, bangsa Indonesia tengah menghadapi berbagai persoalan. Permasalahan itulah yang menjadi pekerjaan rumah bagi generasi muda.

“Banyak PR yang mesti dibereskan. Apakah kalian generasi yang akan memberikan solusi soal lingkungan, perdamaian dunia, energi, pangan, inovasi dan tentu soal mimpimu dan jodohmu juga,” ucapnya disambut tawa ribuan mahasiswa.

Baca Juga: Kisah Panjang Perjuangan Warga Wadas Tolak Tambang Batu

Topic:

  • Paulus Risang
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya