KA Bandara Akan Beroperasi, Waktu Tempuh ke YIA Cuma 40 Menit

KA Bandara juga terintegrasi dengan jadwal penerbangan

Kulon Progo, IDN Times - Keberadaan kereta api Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) bakal membuat waktu tempuh dari dan menuju bandara menjadi lebih singkat, yaitu sekitar 40 menit saja. Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, Zulfikri.

"Sebelumnya, waktu tempuh Kota Yogyakarta-Bandara YIA mencapai sekitar 90 menit menggunakan kendaraan darat," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021) dilansir ANTARA.

Baca Juga: Stasiun Bandara YIA Didesain dengan Pernak-pernik Khas Yogyakarta

1. Tiga tahap setelah pengujian

KA Bandara Akan Beroperasi, Waktu Tempuh ke YIA Cuma 40 MenitStasiun kereta api di YIA. Dok: Humas KAI

Setelah proses pengujian jalur KA Bandara YIA selesai, Zulfikri menyebutkan masih ada tiga tahapan lain yang perlu dilalui.

Yang pertama adalah tahap Commissioning. Switch Over (SO) Persinyalan dilakukan pada 18 Agustus untuk memastikan seluruh prasarana terintegrasi. 

"Setelah SO besok maka kereta api Bandara secara teknis sudah bisa dijalankan. Selanjutnya uji coba commissioning ini dilakukan dengan menjalankan kereta tanpa penumpang umum," jelas Zulfikri.

Tahap kedua, yaitu Trial and Run dengan penumpang terbatas atau undangan. Pada tahap ini, jadwal pengoperasian KA sudah disesuaikan dengan jadwal penerbangan di YIA. Tujuannya, untuk sosialisasi terkait pengoperasian KA, seperti ticketing system, jadwal keberangkatan, stasiun pemberhentian, dan layanan lain.

Tahap terakhir, barulah dilakukan Operasional Komersial/Pelayanan, di mana KA Bandara melayani masyarakat umum secara berbayar. Untuk tahap awal, direncanakan 30 perjalanan KA per hari dengan waktu tempuh 40 menit.

Sementara, PT KAI sebagai operator KA akan menyiapkan 4 trainset dengan sistem operasi, perawatan, dan cadangan.

2. Pemda berperan mengoptimalkan akses KA Bandara

KA Bandara Akan Beroperasi, Waktu Tempuh ke YIA Cuma 40 MenitStasiun kereta api di YIA. Dok: Humas KAI

Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, mengapresiasi adanya jalur KA Bandara YIA ini yang terintegrasi dengan jadwal penerbangan ini.

"Kalau jalur sudah mau rampung ini, saya sudah Alhamdulillah. Orang bisa lebih cepat dan lebih murah ke Bandara YIA," katanya.

Sementara, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia, Agus Taufik Mulyono, mengajak Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan akses KA Bandara ini. Menurutnya, pemda punya peran penting untuk mengoptimalkan penggunaan KA Bandara.

"Alhamdulillah akhirnya ada, saya apresiasi sekali, inilah kado istimewa saudara-saudara kami yang ada di Yogyakarta. Marilah unsur publik dan Pemerintah Daerah untuk bisa memanfaatkan angkutan rel ini yang luar biasa ini. Peranan Pemerintah Daerah sangat menentukan optimalisasi infrastruktur transportasi yang hampir beroperasi ini," katanya.

3. Jalur KA Bandara keenam yang dibangun DJKA Kemenhub

KA Bandara Akan Beroperasi, Waktu Tempuh ke YIA Cuma 40 MenitYogyakarta International Airport (YIA). IDN Times/Paulus Risang

Jalur KA Bandara YIA sendiri adalah jalur kereta api bandara keenam yang dibangun oleh DJKA Kemenhub untuk mempermudah dan mempercepat akses ke bandara.

Sebelumnya, ada lima jalur KA Bandara yang sudah beroperasi, yaitu KA Bandara Kualanamu, KA Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, KA Bandara Internasional Minangkabau, LRT Sumatera Selatan, dan KA Bandara Adi Soemarno Solo.

Selain akses ke bandara YIA, jalur ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat yang hendak pergi ke Yogyakarta dari Stasiun Wates, karena dilewati jalur Stasiun Tugu-Stasiun Bandara YIA.

Baca Juga: Jalur Kereta Api ke Bandara YIA 98 Persen Rampung

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya