Comscore Tracker

Hari Kedua Lebaran, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai Ribuan

Berapa harga tiket masuk ke Gembira Loka?

Yogyakarta, IDN Times - Jumlah pengunjung objek wisata Gembira Loka (GL) Zoo di Kota Yogyakarta meningkat signifikan pada hari kedua Lebaran atau Jumat (14/5/2021). Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo, Fahmi Ramadhan, memperkirakan jumlah wisatawan mencapai seribuan.

Jumlah ini melonjak signifikan jika dibandingkan pada hari pertama Lebaran yang tidak sampai 500 pengunjung. "Kami perkirakan peningkatan kunjungan ini akan terus terjadi sampai Minggu (16/5/2021)," kata Fahmi pada Jumat, dilansir ANTARA.

Baca Juga: Tim Dekontaminasi Sleman Makamkan 15 Jenazah saat Lebaran

1. Bukan cuma pengunjung asal DIY

Hari Kedua Lebaran, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai RibuanAntrean pengunjung di loket masuk GL Zoo, Sabtu (15/5/2021). (IDN Times/Paulus Risang)

Fahmi menduga, jumlah pengunjung tersebut tidak semuanya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ia memperkirakan sebagian di antaranya berasal dari luar DIY.

"Selama ini wisatawan lokal justru kurang antusias berkunjung. Meski banyak (pengunjung) yang menggunakan kendaraan berpelat nomor Yogyakarta, kami menduga beberapa orangnya berasal dari luar daerah," kata dia.

2. Tidak perlu surat bebas COVID-19

Hari Kedua Lebaran, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai RibuanPengunjung mengamati salah satu satwa di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta, Sabtu (15/5/2021). (IDN Times/Paulus Risang)

Meski ada pengunjung dari luar daerah, Fahmi mengaku tak khawatir. Ia meyakini prosedur standar operasi (SOP) di dalam tempat wisata dapat meminimalkan penularan COVID-19.

Selain itu, ia juga mengatakan pihaknya tidak melakukan pengecekan surat bebas COVID-19 baik bagi wisatawan lokal maupun luar daerah sebelum memasuki objek wisata.

"Kami meyakini kalau orang berani keluar rumah biasanya dalam kondisi sehat. Selain itu, kami juga percaya mereka telah melalui screening di perbatasan wilayah," kata dia.

3. Singa Afrika dan meerkat jadi daya tarik baru

Hari Kedua Lebaran, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai RibuanSinga afrika, koleksi satwa terbaru di Gembira Loka Zoo. (IDN Times/Paulus Risang)

Menurut Fahmi, kehadiran koleksi satwa baru di GL Zoo juga berpengaruh terhadap tingkat kunjungan. Kebun binatang ini baru saja mendatangkan singa afrika dan meerkat dari Jawa Timur sepekan lalu. Ia pun optimistis jumlah kunjungan bisa mencapai 2 ribu orang di akhir pekan.

"Peningkatan kunjungan ini masih jauh jika dibandingkan sebelum pandemi yang bisa mencapai 23.000 pengunjung saat Lebaran," pungkasnya.

Sebagai informasi, harga tiket masuk GL Zoo sebesar Rp80 ribu per orang. Tarif ini sudah termasuk berkeliling dengan Katamaran (kapal mini) dan Taring (kereta mini). Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 80 sentimeter diperbolehkan masuk secara gratis.

Baca Juga: Piknik Tak Pakai Masker, Puluhan Wisatawan Terjaring Razia Prokes 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya