Empat Maskapai Kembali Buka Penerbangan lewat Bandara YIA

Lakukan protokol kesehatan yang ketat

Kulon Progo, IDN Times - Pasca pandemik virus corona, ada empat maskapai penerbangan yang mulai beroperasi kembali di DI Yogyakarta. Keempatnya melayani penerbangan melalui Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo. 

Melansir ANTARA, Plt General Manager YIA PT Angkasa Pura (AP) I, Agus Pandu Purnama, menyatakan empat maskapai telah menyampaikan informasi kepada AP I bahwa mereka membuka penerbangan mulai 26 April 2020. Sementara, maskapai Garuda melayani 15 penerbangan dari 8 Mei-1 Juni 2020.

"Mereka sudah melaksanakan penerbangan untuk repatriasi. Kemudian, melayani penerbangan dengan pengecualian," terang Pandu di Kulon Progo, Minggu (10/5).

Baca Juga: Sembuh, Ajudan Wagub Sumut Kembali Positif COVID-19   

1. Penutupan YIA berdampak bagi target operasi bandara

Empat Maskapai Kembali Buka Penerbangan lewat Bandara YIATerminal Keberangkatan Domestik di Yogyakarta International Airport. IDNTimes/Holy Kartika

Pandu menerangkan, Sriwijaya Air telah mengajukan 4 kali penerbangan untuk pelayanan kargo. Sedangkan AirAsia mengajukan 6 kali penerbangan untuk repatriasi dari Kuala Lumpur, Malaysia pada 18-23 Mei 2020.

"Citilink melayani 96 kali penerbangan. Ini kami masih menunggu kesiapan maskapai tersebut," tuturnya.

Menurutnya, penutupan sementara YIA akibat pandemik virus corona berdampak terhadap target pengoperasian bandara, yaitu 146 penerbangan terbang dan mendarat setiap harinya.

"Dengan adanya penerbangan ini sebagai bentuk dukungan PT Angkasa Pura I dengan adanya surat edaran dan imbauan dari pemerintah pusat," katanya.

2. Telah menyiapkan posko pemeriksaan calon penumpang

Empat Maskapai Kembali Buka Penerbangan lewat Bandara YIASalah satu pesawat di apron Yogyakarta International Airport. IDNTimes/Holy Kartika

Posko pemeriksaan di Bandara YIA, kata Pandu, juga telah disiapkan sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 31 tahun 2020 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara.

"Dalam surat edaran tersebut ada perintah pembuatan posko penjagaan dan pemeriksaan calon penumpang. Untuk itu, terhitung mulai 8 Mei 2020, di Bandara Internasional Yogyakarta sudah didirikan posko," terangnya.

3. Protokol kesehatan ketat bagi calon penumpang

Empat Maskapai Kembali Buka Penerbangan lewat Bandara YIAIDNTimes/Holy Kartika

Pandu juga mengatakan protokol kesehatan akan diterapkan bagi seluruh calon penumpang yang berangkat melalui YIA. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan Nomor SEHK0201 dan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Menurut Pandu, ada tiga kriteria calon penumpang yang dilayani, antara lain orang yang mewakili lembaga pemerintah atau swasta; orang yang berobat atau ada keluarganya yang sakit keras atau meninggal; serta WNI yang dipulangkan, pelajar atau orang dalam kebutuhan khusus.

"Semua harus dipatuhi protokoler pencegahan penyebaran COVID-19," tutupnya.

Baca Juga: Selama Pandemik COVID-19, Aksi Pencurian di Bantul Meningkat 30 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya