AIESEC in UPNVY Ajak Pemuda Bersiap Masuki Era Transformasi Digital

Era berubah, skill yang diperlukan juga turut berganti

Yogyakarta, IDN Times - AIESEC in Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berkolaborasi dengan Niagahoster mengajak para pemuda untuk mempersiapkan karier di era transformasi digital melalui sebuah collaborative space Impact Circle 2020.

Impact Circle kali ini mengangkat tema “Transforming Digital Technology Into a New Era for Leaders” yang digelar melalui aplikasi Zoom dan Youtube Live pada tanggal 26-27 September 2020. Acara ini dihadiri lebih dari 280 peserta dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: AIESEC Gelar Diskusi Daring, Siapkan Pemuda di Era Bonus Demografi

1. Fresh graduate di masa kini menghadapi tantangan lebih besar

AIESEC in UPNVY Ajak Pemuda Bersiap Masuki Era Transformasi DigitalDok. AIESEC in UPN "Veteran" Yogyakarta

Chief Communication Officer & Entrepreneur  TukangSayur.co, Peter Febian, membuka acara di hari pertama. Dalam sesinya, Peter membahas mengenai fresh graduate dikepung masalah sosial di mana jumlahnya sekitar satu juta setiap tahun namun penyusutan lapangan pekerjaan lebih dari lima puluh persen.

Menurutnya menjadi seorang pengusaha dan freelancer akan menjadi salah satu solusi di era yang akan datang. Selain itu, para pemuda diharapkan mampu memiliki soft skill.

Materi selanjutnya dipaparkan oleh Founder Ikuti Digital Marketing, Daniel Sastra Amidjaja. Kepada peserta, dia membagikan perjalanannya berkarier di bidang digital marketing. Daniel meminta kaum muda untuk menghapuskan mental block yang ada dalam diri sendiri. Selain itu, dia juga memberikan berbagai materi seputar digital marketing.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Founder Digital Media Company, Yosef Adji Baskoro. Dia memberikan tiga tips mengenai curriculum vitae online, membangun relasi, dan literasi digital. Sesi ini sekaligus menutup Impact Circle 2020 hari pertama.

2. Era berubah, skill yang dibutuhkan pun berubah

AIESEC in UPNVY Ajak Pemuda Bersiap Masuki Era Transformasi DigitalDok. AIESEC in UPN "Veteran" Yogyakarta

Hari kedua dibuka oleh Head of Brand & Reputation Management Niagahoster, Koes Ayunda Zikrina Putri. Koes Ayunda memaparkan data potensi digital marketing pada era saat ini dan memaparkan perubahan aktivitas masyarakat saat pandemi COVID-19. 

Sesi berikutnya dibawakan oleh Asia Pasific Digital Platform & Services Director L’OREAL, Aldila Septiadi. Ia mengatakan bahwa skills yang dibutuhkan oleh setiap orang akan selalu berubah sesuai dengan kebutuhan pada era tersebut. Di akhir sesi, ia berpesan agar pemuda harus bermimpi setinggi-tingginya karena akan banyak pelajaran yang didapatkan dari hal tersebut.

Selanjutnya, Social Media Marketer & Content Creator, Aldio Pramudya memaparkan materi berjudul “Cara Punya Duit Banyak Kerjanya Sedikit”. Sesi ini sekaligus mengakhiri rangkaian sesi di Impact Circle. Aldio memaparkan tentang merancang karier di masa depan.

3. Mengenal AIESEC dan Impact Circle

AIESEC in UPNVY Ajak Pemuda Bersiap Masuki Era Transformasi DigitalImpact Circle 2020 Transforming Digital Technology Into a New Era for Leaders. Dok. AIESEC In UPNVY

AIESEC merupakan organisasi pemuda internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, AIESEC telah berdiri selama 30 tahun dan telah tersebar di 26 universitas. AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta sendiri merupakan Local Committee yang bertatus sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di UPNVY, dengan anggota mahasiswa UPNVY.

Impact Circle merupakan acara yang diinisiasi oleh AIESEC Indonesia untuk mengajak kawula muda dan juga perwakilan external partner mendiskusikan topik-topik sesuai Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta yang sedang relevan dengan situasi sekitar dan bersama-sama mengimplementasikan hasil diskusi secara langsung untuk masyarakat.

Baca Juga: AIESEC in UPNYV Ajak Pemuda Lebih Siap Berkarier di Kancah Global

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya