Comscore Tracker

Ada Aturan Ganjil-Genap Menuju Tempat Wisata Uji Coba di DIY

Polda DIY akan segera menerapkan aturan ini

Yogyakarta, IDN Times - Aturan pelat nomor kendaraan ganjil-genap akan diterapkan di akses jalan menuju tiga destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang beroperasi selama masa uji coba. Ketiga tempat wisata tersebut yaitu Taman Tebing Breksi di Kabupaten Sleman, Gembira Loka Zoo di Kota Yogyakarta, dan Pinus Sari Mangunan di Bantul. 

1. Sebagai upaya pembatasan saat PPKM level 3

Ada Aturan Ganjil-Genap Menuju Tempat Wisata Uji Coba di DIYIlustrasi ganjil-genap (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Iwan Saktiadi, dalam keterangan resminya di Yogyakarta pada Kamis (16/9/2021). Menurutnya, pada saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, tetap ada upaya-upaya pembatasan mobilitas masyarakat.

"Meskipun dalam kondisi (PPKM) level 3, kegiatan masyarakat tidak sepenuhnya bebas, ada upaya-upaya pembatasan di mana pembatasan tersebut salah satu metodenya adalah ganjil genap. Inilah yang akan kami terapkan di tiga lokasi tersebut," kata Iwan dilansir ANTARA.

2. Diberlakukan pada Sabtu dan Minggu

Ada Aturan Ganjil-Genap Menuju Tempat Wisata Uji Coba di DIYPengunjung mengamati salah satu satwa di Gembira Loka Zoo, Yogyakarta, Sabtu (15/5/2021). (IDN Times/Paulus Risang)

Iwan mengatakan, berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas COVID-19 serta Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42, aturan ganjil-genap ini akan diterapkan pada akhir pekan selama masa uji coba pembukaan ketiga destinasi wisata tersebut. Masyarakat yang akan berkunjung diminta memerhatikan tanggal ganjil dan genap.

"Mana kala akan berkunjung pada tanggal genap Sabtu maka kendaraan yang boleh masuk hanya kendaraan dengan nomor polisi genap. Begitu juga dengan hari Minggu karena pada tanggal ganjil maka kendaraan bernomor ganjil yang berhak masuk," kata dia.

3. Jangan lupa instal aplikasi PeduliLindungi

Ada Aturan Ganjil-Genap Menuju Tempat Wisata Uji Coba di DIYAplikasi PeduliLindungi. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Iwan menambahkan, pengunjung juga diwajibkan mengunduh aplikasi PeduliLindungi di gawai masing-masing untuk memindai QR code di tempat wisata. Selain itu, calon pengunjung juga harus reservasi terlebih dulu lewat aplikasi VIsiting Jogja.

"Nantinya akan diperiksa oleh petugas gabungan yang kami tempatkan yakni TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta instansi terkait lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Awal Uji Coba Wisata Hutan Pinus, Susah Sinyal hingga Sepi Pengunjung 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya