Sultan HB X Meminta Prabowo-Sandiaga Uno Bersikap Kesatria

"Jangan bawa kekalahan suara Pilpres ke demokrasi jalanan"

Yogyakarta, IDN Times - Sri Sultan HB X mengucapkan selamat kepada Jokowi Widodo dan Ma’ruf Amin menyusul unggulnya suara perolehan pasangan presiden dan wakil presiden berdasarkan penetapan hasil rekapitulasi KPU pada Selasa (21/5) dini hari.

Kepada Prabowo dan Sandiaga Uno, Gubernur Yogyakarta tersebut meminta agar keduanya mengedepankan sikap kesatria dalam menerima kekalahan serta mengutamakan penyelesaian lewat jalur hukum jika ada keberatan terkait hasil Pemilu 2019.

https://www.youtube.com/embed/rTfvsMSzElU

1. Merayakan dengan tepa salira

Sultan HB X Meminta Prabowo-Sandiaga Uno Bersikap KesatriaANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selain mengucapkan selamat, Sri Sultan HB X juga berharap pendukung Jokowi Widodo-Ma’ruf Amin bertenggang rasa saat melakukan perayaan.

“Bagi pasangan Jokowi Widodo dan Ma'ruf Amin diucapkan selamat dengan teriring harapan bagi para pendukungnya agar merayakannya dengan tepa salira. Jangan seperti layaknya sebuah kemenangan perang,” katanya pada Selasa (21/5).

2. Tidak melakukan demokrasi jalanan

Sultan HB X Meminta Prabowo-Sandiaga Uno Bersikap KesatriaIDN Times/Denisa Tristianty

Baca Juga: Jokowi Menang Pilpres, JK Sarankan Prabowo Ucapkan Selamat ke Kubu 01

Sri Sultan HB X menghimbau pada pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno untuk tidak membawa keberatan akan hasil Pemilu 2019 ke jalan. Menurutnya, apabila ada ketidaksetujuan maka mesti diselesaikan lewat jalur hukum.

“Kalaupun masih dirasa ada keberatan hendaknya ditempuh melalui jalur hukum dengan dukungan bukti-bukti sah dan meyakinkan. Dengan harapan lanjutan agar tidak membawa ke ranah demokrasi jalanan karena akan jadi penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi,” ujarnya.

3. Harapan bagi warga Yogyakarta

Sultan HB X Meminta Prabowo-Sandiaga Uno Bersikap KesatriaHumas Kepatihan Yogyakarta

Terakhir, Sri Sultan HB X pun berharap warga Yogyakarta untuk mempererat kembali kerukunan dan mengembali harmoni dalam hubungan di masyarakat.

“Bagi warga DIY hendaknya menguatkan kembali kohesi sosial dengan membuka sekat-sekat dan melenyapkan limbah Pemilu lalu menjaga ketenangan dan ketertiban masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: Ini Respons Jokowi Terkait Hasil Pilpres 2019

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya