Jokowi Terpilih Lagi, UGM Tak Siapkan Nama Menteri di Kabinet Baru

Hal itu merupakan kewenangan Presiden

Setelah pengumuman keputusan terakhir sidang gugatan Pilpres 2019 di MK, pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akhirnya terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Ke depan, Jokowi mesti membuat kabinet yang terdiri dari beberapa menteri untuk melakukan tugas pemerintah sehari-hari.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan pihaknya tak menyiapkan apalagi menyodorkan nama meski menteri di kabinet sebelumnya ada yang berasal dari UGM.

"Tapi, kalau diminta kami siap demi pengabdian pada bangsa dan negara," katanya ke wartawan pada Jumat (28/6).

1. Pemilihan menterei adalah hak prerogatif presiden

Jokowi Terpilih Lagi, UGM Tak Siapkan Nama Menteri di Kabinet BaruIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Panut mengatakan pemilihan menteri merupakan hak prerogatif Presiden. UGM dalam hal ini, menurutnya, hanya menyediakan pakar yang kemungkinan nanti bakal ditunjuk.

"Masalah menteri itu kewenangan Presiden. Sikap UGM hanya menyediakan dan di UGM ini banyak pkar di berbagai bidang. Nah, nanti kalau ditunjuk, ya, kami dengan senang hati mendukung untuk berkontribusi lebih banyak pada negara dan bangsa," jelasnya.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Melepas 5.360 Peserta KKN PPM UGM

2. UGM mengaku tak menyiapkan nama

Jokowi Terpilih Lagi, UGM Tak Siapkan Nama Menteri di Kabinet BaruIDN Times/Nindias Khalika

Karena alasan di atas, Panut menegaskan bahwa UGM tak menyiapkan apalagi menyodorkan nama siapa saja yang bisa dijadikan menteri.

"Tidak menyiapkan secara khusus apalagi menyodorkan nama. Sejauh ini permintaan belum ada. Tapi stok banyak," katanya sambil tertawa.

3. Ada sejumlah alumni UGM yang jadi menteri

Jokowi Terpilih Lagi, UGM Tak Siapkan Nama Menteri di Kabinet Baru

Dalam Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ada menteri yang  berasal dari UGM. Menteri Sekretaris Negara Pratikno, misalnya, merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM periode 2008 hingga 2012. Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi adalah seorang alumnus UGM. Ia memperoleh gelar S1 pada tahun 1985.

Baca Juga: Hadiri KTT G20, Jokowi Tampak Akrab dengan Para Pemimpin Negara

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya