Comscore Tracker

H+4 Lebaran, Wisatawan Masih Mendatangi Objek Wisata Kaliurang

Ada 2000-an pengunjung pada Senin (10/6)

Sleman, IDN Times - Wisata Kaliurang masih didatangi oleh wisatawan dari luar daerah pada hari H+4 Lebaran. Berdasarkan pantauan IDN Times, destinasi wisata seperti Taman Kaliurang dan Tlogo Putri ramai oleh pengunjung pada Senin (10/6) sore.

Meski begitu, menurut petugas lapangan pos Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Kaliurang Sri Purwati, jumlah wisatawan tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu.

1. Pengunjung mencapai 2000-an orang

H+4 Lebaran, Wisatawan Masih Mendatangi Objek Wisata KaliurangIDN Times/Nindias Khalika

Sri Purwati mengatakan sebanyak 2000-an wisatawan mendatangi objek wisata Kaliurang hingga pukul 3 sore pada Senin (10/6). Ia menjelaskan jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan hari Sabtu dan Minggu.

"Hari Sabtu dan Minggu memang waktu puncak Kaliurang penuh dengan wisatawan. Sabtu ada 4.426 pengunjung sedangkan Minggu ada 3.549 pengunjung. Setelah itu, ya, masih ada yang datang tapi jumlahnya menurun," katanya.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Jumlah Wisatawan ke Yogya Tak Terpengaruh

2. Menyasar objek wisata dan penginapan

H+4 Lebaran, Wisatawan Masih Mendatangi Objek Wisata KaliurangIDN Times/Nindias Khalika

Lebih lanjut, Sri Purwati menerangkan kebanyakan pengunjung  Kaliurang kala Lebaran adalah mereka yang ingin bermalam di penginapan. Di samping itu, pelancong juga menyasar objek wisata seperti Tlogo Putri, Taman Kaliurang, Museum Ullen Sentalu, dan Gardu Pandang.

3. Jumlah pengunjung menurun dibandingkan tahun lalu

H+4 Lebaran, Wisatawan Masih Mendatangi Objek Wisata KaliurangIDN Times/Nindias Khalika

Meski menjadi destinasi wisata kala Lebaran, Sri Purwati mengatakan bahwa jumlah pengunjung tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.

"Menurun meski tidak begitu signifikan. Alasannya karena sudah ada alternatif wisata lain di sekitar Kaliurang," ucapnya.

Ia mengatakan pengunjung juga tertarik buat mendatangi destinasi lain seperti Kali Adem, Museum Merapi, atau Merapi Park Yogyakarta. Hal ini berdampak pada banyaknya wisatawan yang mampir ke Kaliurang.

Baca Juga: 94 ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Libur Lebaran

Topic:

  • Nindias Khalika
  • Paulus Risang

Just For You