Comscore Tracker

H+4 Lebaran 2019, Pemudik Masih Tampak di Terminal Jombor

Meski begitu, volume penumpang terus berkurang

Sleman, IDN Times - Aktivitas arus balik di Terminal Jombor masih terjadi hingga hari H+4 Lebaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari pengelola terminal, ada 164 bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) yang mengangkut 1.838 penumpang meninggalkan Yogyakarta hingga Senin (10/6) malam. Jumlah ini menurun dibandingkan hari Sabtu dan Minggu kemarin.

1. Tujuan Jakarta dan Semarang-Kudus paling banyak

H+4 Lebaran 2019, Pemudik Masih Tampak di Terminal JomborIDN Times/Nindias Khalika

Bus yang berangkat dari Terminal Jombor pada Senin (10/6) paling banyak menuju Semarang-Kudus dan Jakarta. Selain itu, penumpang yang kembali ke daerah di jalur Magelang-Semarang dan Muntilan-Borobudur juga banyak yang menggunakan bus.

Staf Terminal Jombor Toto Sarmono mengatakan puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu dan Minggu lalu.

"Puncaknya Sabtu dan Minggu. Daerah tujuan terbanyak itu ke Jakarta," katanya.

Baca Juga: Arus Mudik-Balik, Penumpang Naik dari Yogyakarta Capai 450.000 Orang

2. Menurun dibandingkan tahun lalu

H+4 Lebaran 2019, Pemudik Masih Tampak di Terminal JomborIDN Times/Nindias Khalika

Toto menerangkan bahwa jumlah penumpang tahun ini yang menggunakan bus menurun dibandingkan tahun lalu. Ia menilai hal ini terjadi karena pemudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan bus.

"Kalau mobil kan bisa dipakai jalan-jalan. Jika memang harus pakai transportasi umum, pada memilih kereta karena lebih nyaman," ucapnya.

3. Agen bus: jumlah penumpang justru meningkat

H+4 Lebaran 2019, Pemudik Masih Tampak di Terminal JomborDok. Jasa Marga

Sementara itu, pemilik agen R-Trans Reza menjelaskan jumlah penumpang justru meningkat tahun ini. Ia mengatakan penumpang kehabisan kursi bus di tahun ini dibandingkan tahun lalu di bus reguler pada H+3 Lebaran.

"Tahun lalu H+3 itu di beberapa bus masih ada kursi, tahun ini sudah habis. Mungkin tampak ada penurunan karena tahun lalu liburan lebaran lebih panjang. Tapi yang saya rasakan tahun ini justru ada peningkatan. Besarnya 30 persen sampai 40 persen," katanya.

Baca Juga: Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui Terminal

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya