FKY 2019 Tengah Dilangsungkan, Ini Jadwal Acara Lengkapnya!

Banyak acara yang bisa kamu datangi bareng teman atau pacar

Yogyakarta, IDN Times - Festival Kesenian Yogyakarta yang kini telah berganti nama menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019 tengah berlangsung saat ini hingga tanggal 21 Juli 2019 nanti.

Berbagai macam aktivitas mulai dari pameran, lokakarya, teater, pesta rakyat, dan sebagainya diadakan untuk memeriahkan acara yang berlangsung setiap tahun tersebut. Lantas, apa saja program FKY tahun ini yang bisa kamu ikuti bareng teman, pacar, atau keluarga? Yuk, simak jadwal acaranya di bawah ini!

1. Pawai dan Panggung Pembukaan

FKY 2019 Tengah Dilangsungkan, Ini Jadwal Acara Lengkapnya!IDN Times/Tunggul Kumoro

Acara ini menjadi tanda dimulainya FKY 2019 dan berlangsung di titik 0 km pada 4 Juli 2019 lalu. Pawai tersebut diikuti oleh setidaknya dua ribu yang terbagi menjadi 33 kontingen, terdiri dari komunitas seni dan budaya, sanggar, institusi pendidikan, serta masyarakat.

2. Pameran Seni Rupa “Wirama”

Buat kamu yang suka atau tertarik dengan pameran seni rupa, FKY kali ini mengadakan Pameran Seni Rupa “Wirama” di Gedung Sonobudoyo dari tanggal 8 hingga 16 Juli 2019. Di acara ini, prinsip ‘Wirama’ akan dimaknai ulang lewat dialog dalam wujud pameran seni rupa.

3. Pameran Seni Instalasi Publik “Wiraga”

Selain pameran seni, FKY juga mengadakan Pameran Seni Instalasi Publik “Wiraga” di Alun-alun Kidul tanggal 4-21 Juli 2019. Seni instalasi publik hasil kolaborasi dengan Paguyuban Mobil Kayuh dipamerkan dalam acara ini selain pagelaran wayang yang akan diselenggarakan di Halaman Sasana Hinggil, Alun-alun Selatan pada tanggal 8 Juli 2019.

4. Lokakarya “Wirasa” dan Konser Sari Swara

Aktivitas seni dan budaya lain yang diadakan FKY adalah lokakarya “Wirasa” dan konser Sari Swara. Dalam acara ini, peserta bakal diajak menembangkan ulang lagu yang pernah ditulis dengan metode pendidikan Sariswara yang diterapkan oleh Ki Hajar Dewantara dalam bentuk workshop. Hasil dari lokakarya tersebut nanti bakal dipertunjukkan di hadapan publik lewat konser.

5. Pesta Rakyat Kampung Terban

FKY 2019 Tengah Dilangsungkan, Ini Jadwal Acara Lengkapnya!instagram.com/infofky

Tanggal 13 Juli 2019, kamu bisa datang ke pesta rakyat di Kampung Terban buat melihat di antaranya pementasan keroncong warga Kelurahan Terban, macapatan, dan pertunjukkan ketoprak tuna netra Distra Budaya. Semua kegiatan di acara ini dikemas untuk memperlihatkan potensi kebudayaan kelurahan Terban sebagai desa budaya.

Baca Juga: FKY 2019 Resmi Digelar, 'Kesenian' Kini Berganti Menjadi 'Kebudayaan'

6. Pertunjukkan lintas disiplin “Panggih”

FKY 2019 Tengah Dilangsungkan, Ini Jadwal Acara Lengkapnya!kratonjogja.id

Di pertengahan bulan Juli, pertunjukkan lintas disiplin “Panggih” bakal diadakan oleh FKY. “Panggih” menampilkan dialog dua elemen budaya dalam tradisi masyarakat Jawa, yakni peran busana dan olah pangan. Nantinya, kreasi busana terkait narasi soal laskar perang Pangeran Diponegoro dan olah pangan melalui tradisi dahar kembul (makan bersama) bakal ditampilkan beberapa seniman di Museum Monumen Diponegoro.

7. Teater

FKY 2019 Tengah Dilangsungkan, Ini Jadwal Acara Lengkapnya!instagram.com/infofky

FKY tahun ini juga mengadakan program teater yang akan mempertemukan sutradara dan aktor dari generasi yang berbeda. Naskah yang nanti dipentaskan akan sangat lekat dengan kota Yogyakarta, lho!

8. Panggung Kontemporer

FKY 2019 Tengah Dilangsungkan, Ini Jadwal Acara Lengkapnya!infofky.com

Apabila kamu ingin melihat acara seni sambil merasakan dinginnya udara dataran tinggi, acara panggung kontemporer yang diadakan FKY pada 19 Juli 2019 di Museum Gunung Api Merapi bisa dimasukkan ke daftar tujuan kamu. Di sana, kamu bisa melihat pertunjukkan seni kolaboratif dan lintas disiplin bertajuk “Lintasan” yang melibatkan unsur audio, visual, dan instalasi.

9. Lokakarya dan pertunjukkan seni

Selain kegiatan di atas, kamu juga bisa ikut lokakarya dan menyaksikan pertunjukkan seni di Kampoeng Mataraman, Sewon, Bantul setiap hari mulai pukul 15.00 WIB. Berbagai macam wokrshop mulai dari tie dye, pemanfaatan koran bekas, pembuatan greeting cards, dan tata cara pemakaian kebaya diadakan FKY sejak tanggal 4 Juli hingga sekarang. Penasaran dengan lokarya selanjutnya? Kamu bisa cek akun Instagram FKY di @infofky ya!

10. Pasar Tiban

Di hari Jumat hingga Minggu selama penyelenggaraan FKY, FKY juga menyelenggrakan pasar tiban di sekitar Telaga Julantoro, Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. Sebanyak 20 stand produk kreatif dan 10 stan kuliner bisa kamu jajal sendirian atau bersama teman, pacar, juga keluarga di akhir pekan.

Itulah sederet agenda acara FKY 2019, jangan sampai terlewatkan, ya!

Baca Juga: Prambanan Jazz 2019 Digelar, Hotel-hotel di Yogyakarta Kebanjiran Tamu

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya